Portal Lengkap Dunia Restoran, Konsultasi dan Training SDM Restoran

Saat Supervisor Harus Membuat Program Marketing Restoran

Tak semua restoran menempatkan tenaga Marketing untuk melakukan promosi dan strategi marketing lainnya. Biasanya ini terjadi di restoran-restoran yang baru berdiri atau belum berkembang pesat atau belum memiliki banyak cabang. Dengan demikian, maka tugas-tugas melakukan kegiatan marketing harus dilakukan oleh Supervisor restoran.

Yang sering menjadi kendala adalah tidak semua Supervisor restoran memiliki pengalaman sebagai seorang Marketing restoran. Jika sang Supervisor dulunya bekerja di restoran yang ada tenaga Marketingnya, maka biasanya ia cukup kesulitan saat harus membuat program marketing di restoran yang tidak ada tenaga Marketingnya.


Namun demikian, bukan berarti segala sesuatu tidak ada solusinya. Justru saat sang Supervisor dituntut untuk membuat program marketing, maka di saat itulah ia dapat belajar untuk melakukannya. Hal yang terpenting adalah menyatakan secara jujur kepada manajemen restoran bahwa kita memang belum berpengalaman dalam melakukan kegiatan marketing. Jangan sekali-kali kita mengatakan bisa atau mampu padahal kita belum berpengalaman.

Mempelajari strategi marketing bukanlah hal yang sulit, namun juga bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Butuh keseriusan dalam mempelajarinya dan kerja keras dalam pencapaiannya. 

Hal lain yang tak kalah pentingnya adalah dengan selalu meminta masukan-masukan atau ide-ide dari orang-orang di sekitar kita. Setelah kita mendapatkan banyak masukan, selanjutnya tinggal kita secara cermat memutuskan mana yang akan kita pilih sebagai kebijakan atau langkah marketing yang akan kita lakukan.

Perlu juga diingat untuk selalu berkonsultasi dengan manajemen untuk mengetahui batasan-batasan kebijakan marketing yang bisa kita lakukan, misalnya saat kita ingin memberlakukan strategi promosi "buy two get one free" atau "beli dua gratis satu", maka kita harus mendiskusikannya dengan chef restoran terlebih dahulu dan kemudian berkonsultasi dan meminta persetujuan manajemen restoran sebelum diberlakukan.


Demikian artikel tentang saat Supervisor harus membuat program marketing restoran. Semoga bermanfaat.

Share this article to:

Artikel Menarik Lainnya

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.

Copyright © Restofocus | Powered by Blogger

Top