8/29/2016

Pentingnya Pengadaan Fasilitas Kendaraan Operasional di Restoran

Dias Akhmad  |  at  8/29/2016  |   |  No comments

Alat transportasi berupa kendaraan, baik berupa mobil, sepeda motor dan lainnya sangat diperlukan di restoran. Banyak kondisi dimana karyawan akan sangat membutuhkan adanya fasilitas kendaraan sebagai alat transportasi untuk memudahkan pekerjaan, misalnya saat karyawan harus mengantar pesanan pelanggan, terjadinya kekurangan barang sehingga harus membeli di pasar atau mengambil barang ke gudang pusat dan lain-lain.


Meski karyawan memiliki kendaraan sendiri, misalnya rata-rata karyawan memiliki sepeda motor, namun tetap saja tak semua karyawan mau meminjamkan kendaraan pribadinya untuk dipakai operasional. Selain itu banyak juga karyawan yang memiliki pertimbangan mengenai bagaimana jika kendaraan miliknya tersebut rusak atau hilang, akan timbul pertanyaan apakah perusahaan atau manajemen restoran mau menggantinya?.

Setidaknya, setiap restoran disarankan menyediakan 1 buah sepeda motor sebagai fasilitas transportasi untuk operasional restoran. Sepeda motor tersebut bisa digunakan untuk kepentingan apapun yang menyangkut operasional restoran. Namun demikian, perlu ada sistem yang jelas yang mengatur bagaimana sepeda motor tersebut dioperasikan setiap harinya.

Ada 3 kekhawatiran manajemen restoran dalam hal pemberian fasilitas kendaraan untuk operasional restoran, yaitu :

1. Kendaraan dibawa kabur atau dicuri oleh karyawan
2. Kendaraan tidak diurus dengan baik sehingga cepat rusak
3. Disalahgunakan oleh karyawan untuk kepentingan yang bukan merupakan masalah operasional restoran

Kekhawatiran ini sebenarnya bisa dijawab dengan :

1. Memberikan tanggung jawab kepada Manajer atau Supervisor untuk menjaga kendaraan operasional dengan baik. Jika kendaraan hilang, maka Manajer atau Supervisor harus bertanggung jawab.
2. Jadwal pemeliharaan kendaraan secara rutin 
3. Sistem izin penggunaan kendaraan

Mengenai sistem izin penggunaan kendaraan bisa dibuat sebuah buku khusus yang disimpan di kasir. Saat karyawan ingin menggunakan kendaraan operasional, maka ia harus menuliskan secara jelas tujuan, jam berangkat, nama karyawan dan tanda tangan. Saat karyawan telah selesai menggunakan kendaraan, maka karyawan juga harus menuliskan kembali jam pulang, kilometer akhir dan menyerahkan kunci kontak kendaraan kepada kasir. Jadi kunci kendaraan di pegang atau disimpan oleh kasir.

Anda juga bisa membaca artikel : Kesigapan Waiter Mengesankan Pelanggan

Demikian artikel tentang pentingnya pengadaan fasilitas kendaraan operasional di restoran. Semoga bermanfaat.

Pentingnya Pengadaan Fasilitas Kendaraan Operasional di Restoran Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dias Akhmad

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.