Portal Lengkap Dunia Restoran, Konsultasi dan Training SDM Restoran

Pengertian Transfer in dan Transfer Out di Restoran Beserta Contohnya

Penggunaan istilah transfer in dan transfer out tidak hanya berlaku di dunia pariwisata dan travelling, tapi juga digunakan dalam bidang administrasi di  restoran. Penggunaan kata "transfer" merujuk pada perpindahan sesuatu yang harus dituliskan sebagai kegiatan administratif. Di artikel ini kita akan membahas mengenai pengertian atau definisi transfer in dan transfer out di restoran. Tak lupa, Restofocus akan memberikan contohnya supaya Anda lebih mudah memahaminya. Selamat membaca.


Pengertian transfer in dan contohnya

Transfer in didefinisikan sebagai semua barang (bahan baku atau peralatan) yang masuk dan telah diterima oleh pihak restoran sehingga menambah jumlah persediaan atau stock. 
Contoh : Hari ini ada kiriman daging sapi dari supplier sebanyak 50 kilogram. Maka kita akan mencatatnya di buku stock pada kolom transfer in sebanyak 50 kilogram pada item barang daging sapi.

Pengertian transfer out dan contohnya

Transfer out didefinisikan sebagai semua barang (bahan baku atau peralatan) yang keluar dan telah diterima oleh pihak penerima dengan tanda bukti sehingga mengurangi jumlah persediaan atau stock.
Contoh : Hari  ini ada dari restoran cabang lain yang kekurangan stock daging sapi dan meminta daging sapi sebanyak 25 kilogram dari restoran kita. Kita setuju dan memberikan daging sapi sebanyak 25 kilogram kepada mereka dan telah meminta tanda bukti penerimaan dari mereka. Maka kita akan mencatatnya di buku stock pada kolom transfer out sebanyak 25 kliogram pada item barang daging sapi.

Catatan :

1. Transfer in dan transfer out sangat erat kaitannya dengan buku stock. Kita harus secara konsisten menuliskan data barang yang mengalami transfer in dan transfer out untuk keperluan administrasi.
2. Transfer out banyak terjadi pada restoran yang telah memiliki banyak cabang, dimana memungkinkan diantara cabang-cabang restoran tersebut bisa saling membantu satu sama lain saat mereka mengalami kekurangan atau kelebihan stock.
3. Selain mencatat data transfer in dan transfer out pada buku stock, jangan lupa juga untuk menginputnya ke komputer untuk jaga-jaga jika buku stock kemudian hilang atau rusak. Sistem komputerisasi juga memudahkan dalam melakukan rekapitulasi transfer in dan transfer out nantinya.
4. Nota atau tanda terima merupakan hal penting. Mintalah selalu tanda terima setiap kali ada kegiatan transfer in dan transfer out. Simpan nota atau tanda terima di tempat yang aman sesuai persetujuan manajemen restoran.

Anda juga bisa membaca artikel : Prosedur Penerimaan Barang di Restoran

Demikian artikel tentang pengertian transfer in dan transfer out di restoran beserta contohnya. Semoga bermanfaat.

Share this article to:

Artikel Menarik Lainnya

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.

Copyright © Restofocus | Powered by Blogger

Top