8/02/2016

Pembuatan Video S.O.P Pelayanan di Restoran

Dias Akhmad  |  at  8/02/2016  |   |  No comments

Untuk memberikan pemahaman yang baik kepada waiter dan waitress tentang S.O.P (Standart Operating Procedure) pelayanan di restoran, maka perlu diadakan pelatihan atau training pelayanan secara berkelanjutan. Pelatihan atau training itu sendiri bisa berupa teori dan simulasi. 

Teori dapat diberikan sebagai awal dalam memberikan pemahaman langkah per langkah yang harus dilakukan dalam pelayanan sesuai dengan S.O.P yang telah ditetapkan. Sementara itu, simulasi dapat mengaplikasikan pemahaman dengan tindakan nyata sesuai kenyataan saat operasional.

Untuk dapat memberikan pemahaman secara cepat dan tepat, pemberian teori bisa dibarengi dengan pemutaran video S.O.P pelayanan, yaitu sebuah video yang dibuat secara khusus untuk mendeskripsikan pelayanan secara utuh dari awal hingga akhir, dari awal tamu datang hingga tamu selesai makan dan pulang.

Pembuatan video S.O.P pelayanan sendiri harus dibuat secara cermat. Jangan sampai ada deskripsi berupa adegan yang salah atau kurang tepat. Sedikit kesalahan dalam pembuatan video S.O.P dapat menyulitkan trainer dalam memberikan pelatihan serta pemahaman kepada waiter dan waitress.

Video S.O.P pelayanan dapat membantu mendeskripsikan secara amat jelas tentang bagaimana cara berkomunikasi, bersikap dan menjalankan langkah per langkah dalam S.O.P pelayanan yang harus dijalankan oleh setiap waiter dan waitress.

Adapun yang dibutuhkan dalam pembuatan video S.O.P pelayanan adalah sebagai berikut :

1. S.O.P pelayanan
Sebelum membuat videonya, S.O.P pelayanan itu sendiri harus sudah ada. Langkah per langkah pelayanan harus diuraikan secara jelas untuk memandu bagaimana setiap adegan dalam video S.O.P pelayanan dirangkai untuk mendeskripsikan / menggambarkan secara jelas setiap langkah dari S.O.P pelayanan.

2. Setting tempat
Pilihlah tempat terbaik yang akan dijadikan setting tempat atau lokasi pembuatan video S.O.P pelayanan. Sebuah cabang restoran yang ideal perlu ditentukan sebelumnya. Kondisi restoran yang ramai tak jadi masalah karena video memang akan dibuat se-natural mungkin. Namun demikian, kondisi yang terlalu ramai atau terlalu padat pengunjung juga dapat mengganggu jalannya pengambilan gambar.

3. Kameramen professional
Hubungilah studio pembuatan video yang memiliki reputasi baik dalam memproduksi video. Tenaga kameramen professional sangat dibutuhkan dalam pembuatan video S.O.P. Kameramen professional dapat dengan cepat mengerti apa yang kita inginkan.


4. SDM pemeran video pelayanan
Kita juga harus menunjuk siapa saja dari karyawan restoran yang dapat dijadikan sebagai pemeran video. Tunjuklah karyawan yang benar-benar memiliki kompetensi dalam melakukan pelayanan sesuai S.O.P. Standar penampilan karyawan juga menjadi salah satu hal yang harus kita perhatikan. Intinya, pilihlah karyawan-karyawan terbaik.

5. Simulasi
Untuk menghindari pengulangan pengambilan gambar yang melelahkan, akan sangat baik jika 2 jam sebelum pengambilan gambar dimulai, semua pemeran melakukan simulasi, misalnya ada yang berperan sebagai tamu, sebagai waiter, sebagai greeter, sebagai food runner dan lain sebagainya.

Jangan sungkan untuk meminta mengulang pengambilan gambar kepada kameramen jika dirasa ada adegan yang kurang tepat.


Demikian artikel tentang pembuatan video S.O.P pelayanan di restoran. Semoga bermanfaat.

Pembuatan Video S.O.P Pelayanan di Restoran Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dias Akhmad

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.