Portal Lengkap Dunia Restoran, Konsultasi dan Training SDM Restoran

Kesigapan Waiter Mengesankan Pelanggan

Pelayanan yang baik takkan pernah terlepas dari peran serta waiter. Ia adalah ujung tombak dalam pelayanan. Ia dapat memberikan kesan baik dan kesan buruk terhadap pelanggan. Banyak kekurangan restoran yang bisa ditutupi dengan ketulusan pelayanannya dan banyak kelebihan restoran yang terkikis habis karena kesalahannya.

Profesi waiter memang terlihat mudah dilakukan, namun sesungguhnya butuh penjiwaan yang tak semua orang bisa melakukannya. Seorang waiter sejati tak hanya berpikir melayani tamu saja, melainkan berpikir bagaimana tamu-tamu tersebut bisa merasa puas dengan pelayanannya.

Selain harus memiliki penampilan yang menarik, seorang waiter juga harus memiliki sikap sopan dan cepat tanggap, sehingga ia selalu sigap melayani tamu-tamu tanpa harus ada tamu yang memanggilnya.

Sebagai contoh, jika ada tamu yang merokok, maka seorang waiter haruslah sigap untuk mengambil asbak bersih dan menaruhnya di meja tamu tersebut tanpa diminta. Percayalah, tamu tersebut pasti akan terkesan dengan pelayanan sang waiter. 

Saat tissue di meja habis dan tamu terlihat sangat membutuhkannya, waiter atau waitress harus segera sigap mengantarkan sejumlah tissue ke meja tamu tersebut.


Contoh lain, saat kondisi hujan atau panas terik, seorang waiter juga bisa dengan sigap membawakan payung untuk melindungi tamu dari hujan dan panas. Ini bisa dilakukan terutama kepada tamu lansia dan anak-anak.

Dan tentu saja masih banyak contoh-contoh kesigapan waiter yang lainnya.

Waiter yang sigap dapat membuat tamu terkesan. Pengalaman yang berkesan akan membuat tamu selalu ingat dengan waiter dan restoran dimana ia mendapatkan kesan yang baik itu. Hingga jadilah tamu tersebut pelanggan loyal. Ini bermula dari pelayanan sang waiter.

Anda juga bisa membaca artikel : Tips Menjadi Waiter di Standing Party

Demikian artikel tentang kesigapan waiter mengesankan pelanggan. Semoga bermanfaat.

Share this article to:

Artikel Menarik Lainnya

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.

Copyright © Restofocus | Powered by Blogger

Top