Portal Lengkap Dunia Restoran, Konsultasi dan Training SDM Restoran

Pentingnya Kebersihan Meja dan Peralatan Makan di Restoran

Apa kabar pembaca Restofocus semua?. Semoga semua dalam keadaan sehat dan sejahtera. Aamiin. Cukup lama saya tidak menulis artikel di website ini, kegiatan offline dan online lain yang cukup padat membuat saya harus benar-benar bisa membagi waktu, tapi syukurlah saya masih tetap bisa menulis artikel di website yang kita cintai ini.

Bicara tentang kebersihan di restoran, maka tidak akan lepas dari Lima hal, yaitu :
1. Bahan produksi
2. Peralatan 
3. Tempat
4. Diri (SDM)
5. Uniform

Kali ini saya ingin mengerucutkan pembahasan hanya pada kebersihan peralatan saja, khususnya peralatan atau equipment divisi service, seperti meja, napkin, gelas, piring dan lain-lain.


Kebersihan peralatan service sangatlah penting, karena bagaimanapun enaknya rasa dan tampilan makanan yang dibuat oleh sang koki, tak akan jadi dimakan oleh tamu jika tamu mendapati bahwa piring, sendok atau peralatan lainnya yang digunakan untuk menyajikan tidak bersih. 

Begitu juga dengan meja, sering kita temui ada tamu yang mengambil tissue banyak-banyak untuk mengelap meja. Hal tersebut tentu disebabkan oleh waiter sendiri yang kurang memperhatikan kebersihan meja. Tamu bersedia membayar, bukan hanya untuk makanan dan minuman saja, tapi juga untuk kenyamanan dan kebersihan. 

Kita juga harus ingat, bahwa standar kebersihan bagi tiap orang bisa berbeda-beda. Jika dengan hanya mengelap meja sekali saja menurut kita sudah bersih, maka boleh jadi bagi orang lain belum bersih. Untuk itulah sebuah SOP (Standart Operating Procedure) mengelap meja diperlukan untuk menghasilkan tingkat kebersihan yang diharapkan.

Anda juga bisa membaca artikel : Taking Order Dalam Bahasa Inggris di Restoran

Mengelap meja harus dilakukan dengan baik sesuai SOP mengelap meja yang ditentukan, misalnya harus dengan menggunakan 2 lap, yaitu 1 lap basah dan 1 lap kering. Lap basah digunakan untuk pengelapan awal yang disempurnakan dengan pengelapan kedua dengan menggunakan lap kering. Untuk menghindari adanya bau amis yang mengundang lalat, bisa juga menggunakan sedikit cairan pembersih seperti air sirih dan lain-lain.

Tak hanya meja, napkin juga harus benar-benar diperhatikan kebersihannya. Napkin yang lusuh dan kotor dapat langsung menurunkan citra pelayanan restoran. Peralatan seperti piring, gelas dan lain-lain juga harus selalu dipastikan bersih dan standar, kering dan kesat, tidak ada flek atau noda dan tidak ada retakan atau gompel. Pastikan bahwa piring dan peralatan lain yang digunakan untuk menyajikan menu benar-benar bersih dan standar.



Pelayanan yang baik akan selalu memperhatikan kebersihan, keduanya tak akan bisa dipisahkan. Demikian artikel tentang pentingnya kebersihan meja dan peralatan makan di restoran. Semoga bermanfaat.

Share this article to:

Artikel Menarik Lainnya

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.

Copyright © Restofocus | Powered by Blogger

Top