Portal Lengkap Dunia Restoran, Konsultasi dan Training SDM Restoran

3 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membuat atau Membentuk Sebuah Divisi Baru di Restoran

Saat sebuah restoran tumbuh pesat, maka ada sebuah kondisi dimana manajemen membutuhkan adanya sebuah divisi baru di dalamnya untuk mendorong kinerja semua tim menjadi lebih baik, lebih cepat dan lebih sinergi dengan divisi lainnya yang sudah ada.

Namun demikian, ada hal-hal yang harus diperhatikan sebelum kita memutuskan untuk membuat atau membentuk sebuah divisi baru. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi benturan atau tabrakan antar divisi. Berikut 3 hal yang harus diperhatikan saat membuat atau membentuk sebuah divisi baru di restoran :

1. Posisi dalam struktur organisasi perusahaan
Hal pertama yang harus ditentukan adalah mengenai posisi divisi yang akan dibentuk dalam organisasi. Hal ini untuk memaparkan secara jelas kepada siapa divisi tersebut bertanggung jawab, kepada siapa harus melakukan koordinasi, dan kepada siapa bisa memberikan perintah atau mendelegasikan tugas.

2. Tugas dan kewenangan
Hal selanjutnya adalah membuat uraian tugas dan kewenangan divisi. Hal ini sangat penting agar tidak terjadi tumpang tindih tugas dan kewenangan antara divisi yang baru dibentuk dengan divisi lain yang sudah ada. Adanya tumpang tindih tugas dan kewenangan, akan membuat sistem menjadi ricuh dan akhirnya dapat mengakibatkan adanya gesekan dan benturan antar divisi.


3. Seleksi SDM
Sebuah konsep yang bagus, tak akan bisa dijalankan dengan baik jika orang-orang yang ada di dalamnya tidak dapat menjalankan perannya dengan baik, karena tidak memiliki kompetensi yang dibutuhkan. Untuk itu, seleksi SDM sangat diperlukan untuk mendapatkan orang-orang yang tepat. Sebagai pertimbangan, sebaiknya manajemen tidak menempatkan orang-orang yang memiliki hubungan kekerabatan atau kedekatan secara pribadi dengan owner atau orang-orang dalam divisi lainnya di restoran. Hal ini dilakukan agar penilaian kinerja bisa tetap dilakukan secara objektif.

Anda juga bisa membaca artikel : Kelebihan dan Kekurangan Mempekerjakan Saudara Sebagai Karyawan di Restoran

Lepas dari semuanya, lahir atau terbentuknya sebuah divisi baru dalam sebuah perusahaan, takkan lepas dari pro dan kontra. Hal yang perlu dijunjung tinggi selanjutnya adalah sikap positif, saling menghargai dan kemauan untuk mencapai tujuan secara bersama-sama meski dengan pemikiran dan gagasan yang berbeda.

Tidak ada yang jauh lebih buruk dari adu kekuatan dan pengaruh antar divisi, saling mencari kekurangan serta saling tuding ketika terjadi sebuah kesalahan dan munculnya isu-isu negatif yang menyebar laksana virus dalam tubuh manajemen.

Kita harus selalu ingat bahwa tak ada yang paling penting dalam sebuah perusahaan. Semua divisi adalah penting dan saling membutuhkan satu sama lain. Sikap meremehkan satu divisi adalah awal dari berbagai benturan yang menciptakan "kiamat" dalam organisasi perusahaan.

Demikian artikel tentang 3 hal yang harus diperhatikan saat membuat atau membentuk sebuah divisi baru di restoran. Semoga bermanfaat.

Share this article to:

Artikel Menarik Lainnya

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.

Copyright © Restofocus | Powered by Blogger

Top