3/29/2016

Mengenal Lebih Dekat Restoran All You Can Eat

Dias Akhmad  |  at  3/29/2016  |   |  6 comments

Saat ini di Indonesia telah mulai banyak restoran yang menerapkan sistem layanan All You Can Eat, terutama di kota besar seperti Jakarta, Medan dan Surabaya. Bagi Anda yang belum pernah berkunjung ke restoran All You Can Eat, artikel ini bisa jadi referensi sebelum Anda memutuskan untuk pergi ke restoran  All You Can Eat. Selamat membaca.

Pengertian All You Can Eat
All you can eat adalah sistem penjualan menu di restoran dimana konsumen hanya membayar 1 kali untuk dapat menikmati semua menu yang tersedia dengan konsep prasmanan atau buffet dengan batasan waktu tertentu.

Secara harfiah, All You Can Eat berarti semua bisa Anda makan.


Harga Menu dalam layanan All You Can Eat
Harga yang dipatok dalam sistem layanan All You Can Eat relatif lebih mahal dari sistem reguler. Hal ini mirip dengan sistem Flat Rate dimana pihak restoran menerapkan strategi subsidi silang. Pengunjung atau konsumen akan membayar harga yang terbilang mahal, tapi konsumen juga bisa memakan hidangan apapun yang tersaji di meja buffet sepuasnya atau semampu mereka memakannya.

Di beberapa restoran tertentu, ada yang memberikan potongan harga atau diskon hingga 50 % untuk pengunjung anak-anak usia antara 4 sampai dengan 12 tahun.

Menu Minuman All You Can Eat
Beberapa restoran tidak memasukkan minuman dalam layanan All You Can Eat. Ini berarti, Anda harus membeli minuman karena yang serba sepuasnya hanya makanan. Terkadang sebotol air mineral (yang kita anggap paling murah) justru bisa tiga kali lipat lebih mahal dari segelas jus buah. Ada juga restoran yang menyediakan minuman untuk promo All You Can Eat, tapi pilihannya sangat terbatas . Anda bisa mengambil bergelas-gelas air putih, teh, kopi, atau lemonade. Tapi tetap harus membayar untuk pemesanan Jus Jeruk, Aneka Kopi dan sejenisnya.


Apa ada batasan tertentu dalam sistem All You Can Eat?
Ada dua hal yang akan membatasi Anda untuk terus makan dalam sistem All You Can Eat, yaitu :
1. Kemampuan perut Anda menerima asupan makanan
Kita bebas memakan makanan yang tersaji di meja buffet All You Can Eat selagi perut kita masih mampu menerima asupan makanan.
2. Jam berlaku All You Can Eat yang telah ditentukan oleh restoran.
Contohnya, jika Anda membayar sebesar Rp. 200.000,- selama 1 jam, artinya selama 1 jam tersebut Anda boleh makan atau minum apa saja yang tersaji di meja buffet All You Can Eat, Setelah 1 jam selesai, maka Anda tidak lagi diperbolehkan makan atau minum. Batasan waktu terlama dalam layanan All You Can Eat adalah 3 jam.

Hal yang dilarang dalam sistem All You Can Eat
Meski Anda diberikan kebebasan untuk memilih aneka makanan yang tersaji dan diperbolehkan untuk makan sepuasnya, namun Anda juga dilarang untuk :
1. Membawa pulang makanan
Anda dilarang untuk membungkus makanan yang tersaji di meja buffet All You Can Eat untuk dibawa pulang. Jika Anda sampai tergoda untuk menyembunyikan makanan atau kue-kue lucu ke dalam tas atau kantung pakaian untuk dibawa pulang, Anda akan kena denda jika ketahuan.
2. Menyisakan makanan yang telah Anda ambil.
Di beberapa restoran all you can eat, Anda akan terkena charge atau biaya tambahan jika Anda kedapatan tidak menghabiskan makanan yang telah Anda ambil. Ada yang menghitungnya per gram ada juga yang menghitungnya per butir (khusus Nasi), dan biayanya yang dikenakan tidak tanggung-tanggung, ada yang sampai mengenakan charge atau biaya hingga Rp. 200.000,-/gram atau Rp. 50.000,- /butir Nasi yang tersisa. Charge ini harus Anda bayar saat akan  keluar restoran. Peringatan tentang hal ini biasanya ditulis dengan huruf kecil di buku menu.

Sebutan populer untuk sistem All You Can Eat
AUCE adalah sebutan yang sering digunakan orang untuk sistem layanan All You Can Eat. Hal ini lebih karena memilih penyebutan yang simple atau pendek.

Restoran mana saja yang menerapkan sistem All You Can Eat?
Berikut 10 restoran yang menerapkan sistem All You Can Eat :
1. Shabu AUCE
2. Bamboo Dimsum
3. Hanamasa
4. The Gallery Restaurant
5. Satoo
6. Kimchi Grandma
7. Ikan Bakar Seribu Pulau
8. The Buffet
9. Gomawo
10. Litle Sheep Shabu-shabu

Tips saat makan dengan sistem All You Can Eat
Berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan saat  makan dengan sistem layanan All You Can Eat :
1. Pilih menu All You Can Eat yang memiliki banyak pilihan. Gak seru kan kalau kita makan dengan sistem All You Can Eat tapi varian menu nya hanya sedikit?.
2. Kosongkan perut. Jika perut kita gak begitu lapar, maka All You Can Eat bukanlah pilihan yang bagus, tepatnya tidak efisien karena kita membayar mahal tapi hanya sedikit saja yang bisa kita makan karena sudah kenyang.
3. Mulailah dengan memakan salad, karena rasanya ringan dan tidak mengenyangkan
4. Makan makanan pembuka (appetizer) dari yang dingin ke yang hangat
5. Makanlah makanan laut (seafood) terlebih dahulu, lalu makan daging yang hangat.
6. Ambil makanan dalam porsi sedikit-sedikit agar tidak bersisa. Sangat banyak makanan yang tersaji di meja buffet All You Can Eat, jadi jangan ambil 1 jenis menu makanan dalam jumlah yang banyak.

Anda juga bisa membaca artikel : 3 Jenis Masakan Ikan yang Dilarang Dijual di Restoran

Demikian artikel tentang mengenal lebih dekat restoran All You Can Eat. Semoga bermanfaat.

Mengenal Lebih Dekat Restoran All You Can Eat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dias Akhmad

6 komentar

Haha saya enggak ngerti dengan AUCE, thanks buat info nya

Sama-sama Pak Muhammad Ihsan Hayasa. Terima kasih sudah bekunjung ke Restofocus.

Ada lagi selain resto yg bisa AYCE, di acara kawinan

Haha. Bener banget :D
Cuma kadang prihatin, banyak sisa makanan yang terbuang. Karena free, ambilnya makanannya kadang langsung banyak dan akhirnya gak habis.

Terima kasih dan salam kenal buat pak Agus Wijaya.

mau nanya biasanya bayaranya itu untuk perorang atau permeja??

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.