3/16/2016

Apa itu Garden Salad?

Dias Akhmad  |  at  3/16/2016  |   |  No comments

Salad berasal dari dua kata dalam bahasa Latin, yaitu "Herba Salata", Herba berarti sayuran dan Sal berarti garam. Salata artinya digarami atau diberi garam. Jadi Herba Salata bisa diartikan sebagai sayuran yang diberi garam. Kenapa garam?, karena pada saat itu garam adalah bumbu yang sangat penting untuk memberi rasa bagi makanan. Kata "Sal" kemudian diserap ke dalam Bahasa Perancis kuno menjadi Salade dan di akhir abad ke-14 diserap dalam Bahasa Inggris menjadi Salad. 


Dalam perkembangannya Salad diartikan sebagai hidangan yang merupakan campuran dari sayuran hijau segar, buah, daging, telur maupun ikan dan udang yang dihidangkan bersama dressing (kuah atau saus salad) sebagai pembangkit selera makan. Kita kemudian mengenal berbagai jenis Salad seperti Tomato Salad, Orange Salad dan Garden Salad. Dilihat dari namanya, Tomato Salad adalah Salad yang berbahan dasar dan didominasi oleh Tomat, begitu juga dengan Orange Salad yang berbahan dasar dan didominasi oleh Jeruk. Lalu apa itu Garden Salad?. 


Kata Garden (Kebun) dari Garden Salad, dalam konteks ini merujuk pada aneka sayuran yang biasa ditanam di kebun. Maksudnya, kita menggunakan beraneka atau beragam jenis sayuran yang biasa ditemui di kebun untuk dijadikan Salad. Mulai dari Selada, Tomat, Timun, Bawang merah, Wortel dan lain-lain. Karena itu ada juga yang menyebut Garden Salad dengan sebutan Mixed Salad.


Salad di Indonesia sendiri memiliki variasi yang sangat banyak dari resep-resep di berbagai daerah. Salad khas Indonesia cocok untuk dihidangkan kapan pun, artinya bisa dijadikan sebagai makanan pembuka, pendamping hidangan utama atau sebagai hidangan penutup.

Salah satu salad yang paling merepresentasikan Indonesia adalah Gado-gado. Variasi Gado-gado sendiri sangat banyak menurut daerah dimana ia dikembangkan. Sayur-sayuran yang digunakan dalam Gado-gado juga dapat terdiri dari apa saja, namun yang menjadi kesamaan adalah penggunaan bumbu kacang sebagai dressing (saus) nya, kemudian ditambah tahu, tempe dan kerupuk. Jenis salad lain yang umum adalah rujak yang terdiri dari sayur-sayuran atau buah-buahan dengan saus kacang. Jika dilihat dari komposisinya, maka Gado-gado sebenarnya bisa dikategorikan sebagai Garden Salad. Saat ini sudah banyak sekali restoran yang menyediakan menu Gado-gado sebagai santapan sehat maupun menu pilihan bagi konsumen yang Vegetarian.

Anda juga bisa membaca artikel : Apa itu Table d'Hote?

Nah, sampai disini dulu artikel tentang apa itu Garden Salad?. Bagi pembaca Restofocus.Com yang mungkin memiliki informasi lebih mendalam tentang Garden Salad, mohon bisa berbagi dengan cara menuliskannya di kolom komentar. Semoga bermanfaat.

Apa itu Garden Salad? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dias Akhmad

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.