Portal Lengkap Dunia Restoran, Konsultasi dan Training SDM Restoran

Jangan Main-main dengan Kualitas Kopi

Bagi Restoran yang menyediakan menu Barista, sangat disarankan untuk tidak bermain-main dengan kualitas kopi yang dijual. Terkadang, demi mendapatkan keuntungan yang lebih besar, Pemilik atau Manager Restoran tak segan menggunakan kopi dengan harga murah yang kualitas nya jauh berbeda dengan kopi standar yang harga nya memang sedikit lebih mahal. Alih-alih mendapatkan keuntungan yang lebih besar, konsumen atau tamu restoran penikmat kopi akan kapok memesan kopi di Restoran tersebut. Lebih dari itu, Sang Barista juga biasanya akan lebih memilih mundur daripada terus bekerja namun tidak mendapatkan kepuasan dalam bekerja.

Konsumen yang biasanya memesan kopi, kemungkinan adalah para penikmat kopi. Konsumen jenis ini tak pernah bisa dibohongi jika menyangkut soal rasa kopi. Mereka bisa membedakan berbagai kualitas kopi dengan baik. Meskipun sang Barista meraciknya dengan menggunakan mesin kopi yang bagus dan telah berpengalaman puluhan tahun meracik kopi, rasa kopi tetap tak bisa diubah. Hanya biji kopi yang baik yang akan menghasilkan rasa kopi yang nikmat.


Tak heran, jika sering kita temukan ada pengunjung atau tamu Restoran yang bertanya kepada Sang Barista : "Kopi nya merk apa mas?". Hal ini karena memang cita rasa penikmat kopi akan kopi begitu tinggi. Jika kita main-main dengan kualitas kopi, maka siap-siap saja menu Barista Restoran kita, khususnya yang berkaitan dengan kopi, akan sepi pembeli.

Selain itu, Sang Barista juga biasanya merupakan seorang perfeksionis (perfectionist) yang tak akan tahan bekerja tidak sesuai dengan standar yang ditetapkan Barista. Sangat mungkin ia akan bekerja dengan ke-tidak-puas-an yang ujung-ujungnya berhenti bekerja dengan berbagai alasan.

Anda juga bisa membaca artikel : Tugas Barista di Restoran

Kesimpulan dari artikel yang saya tulis ini adalah agar kita secara serius konsisten dengan kualitas kopi yang kita jual di Barista Restoran. Mengakali biaya pembuatan kopi dengan membeli kopi murah di pasaran adalah hal yang justru akan membahayakan kelangsungan Barista di Restoran.


Jika kita ingin mendapatkan keuntungan yang lebih besar dari penjualan kopi, lebih baik dilakukan dengan cara menaikkan harga jual kopi daripada menurunkan kualitas rasa kopi. Saat kita ingin menaikkan harga jual kopi, yang perlu kita lakukan hanyalah meningkatkan pelayanan dan kecepatan penyajian kopi. 

Demikian artikel tentang jangan main-main dengan kualitas kopi. Semoga bermanfaat.

Share this article to:

Artikel Menarik Lainnya

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.

Copyright © Restofocus | Powered by Blogger

Top