2/19/2016

Cara Tepat Menyampaikan Mutasi Karyawan

Dias Akhmad  |  at  2/19/2016  |   |  No comments

Program mutasi karyawan yang berlaku di sebuah perusahaan termasuk di Restoran harus dilaksanakan oleh semua karyawan. Namun terkadang, ada saja karyawan yang keberatan atau menolak mutasi dengan berbagai alasan. Padahal, sangat mungkin sebenarnya semua karyawan tahu bahwa mereka memang sudah seharusnya mematuhi berbagai kebijakan manajemen Restoran tempatnya bekerja, termasuk masalah mutasi karyawan. Untuk mengatasinya, kita membutuhkan metode atau cara yang tepat untuk menyampaikan perihal mutasi karyawan.

Bagi karyawan yang sudah sering melaksanakan mutasi, masalah mutasi mungkin bukalah lagi menjadi sebuah masalah baginya. Ia terkondisi untuk selalu siap dan memiliki kemampuan beradaptasi yang cepat dengan lingkungan dan teman kerja yang baru. Namun tidak demikian dengan karyawan yang sebelumnya belum pernah di-mutasi. Baginya, mutasi merupakan hal yang menakutkan, dan bisa jadi akan menjadi penyebab berhenti bekerja nya karyawan bersangkutan.


Untuk itu seorang HRD (Human Resources Departement), Manager dan Supervisor Restoran harus mampu menyampaikan perihal mutasi karyawan ini secara tepat. Berikut adalah cara yang bisa kita lakukan untuk menyampaikan perihal mutasi karyawan :

1. Berikan motivasi kepada karyawan 
Ajaklah karyawan untuk duduk dan berbicara empat mata. Ajak bicara seputar perkembangan prestasi karyawan bersangkutan dan berikan motivasi. Tujuan dari hal ini adalah agar pikiran karyawan terbuka dan tidak menganggap program mutasi yang akan kita sampaikan kepadanya sebagai sesuatu yang akan merugikan dirinya.

2. Ingatkan tentang komitmen mutasi
Setelah kita memberikan cukup motivasi, kita lalu coba ingatkan kembali komitmen karyawan untuk mematuhi semua aturan yang sudah ditetapkan termasuk hal mutasi. Sampai disini, sebenarnya karyawan akan mulai mengerti kemana arah pembicaraan kita. Perhatikan ekspresi karyawan baik-baik untuk mengetahui emosi (senang, sedih, kaget dan lain-lain) yang dirasakannya. 

3. Sampaikan perihal mutasi karyawan bersangkutan
Inilah tahap terakhir dari cara penyampaian mutasi karyawan secara tepat. Saat kita telah menyampaikannya, kita juga bisa katakan kepadanya bahwa ia di-mutasi karena memang perusahaan membutuhkan tenaganya, dan inilah waktu yang tepat bagi karyawan tersebut untuk menunjukkan prestasi dan kinerja terbaiknya.

Hal terpenting dari cara menyampaikan mutasi karyawan adalah agar karyawan memahami tugas dan tanggung jawab nya untuk siap memenuhi dan melaksanakannya. Ditambah dengan motivasi yang mampu mendorong karyawan meringankan langkahnya untuk melaksanakan program mutasi.

Anda juga bisa membaca artikel : Mengatasi Karyawan yang Tidak Mau Dimutasi

Demikian artikel tentang cara tepat menyampaikan mutasi karyawan. Semoga bermanfaat.

Cara Tepat Menyampaikan Mutasi Karyawan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dias Akhmad

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.