Portal Lengkap Dunia Restoran, Konsultasi dan Training SDM Restoran

Cara Membawa Nampan yang Baik dan Benar

Sebagai seorang Waiter, kita harus menguasai cara membawa tray atau nampan dengan baik. Kemampuan membawa nampan sangat diperlukan saat seorang Waiter harus membawa makanan atau minuman dan menyajikannya ke meja tamu. Ada kalanya sesuatu yang tidak kita harapkan terjadi, misalnya minuman di gelas yang kita bawa di atas nampan tergelincir dan jatuh, apalagi jika sampai mengenai tamu Restoran, tentunya akan mengundang complaint atau keluhan tamu. Jadi, kita harus benar-benar tau bagaimana cara membawa nampan yang baik dan benar.

Berikut adalah cara membawa nampan yang baik dan benar :

A. Nampan kosong
Saat kita membawa sebuah nampan yang kosong, maka taruhlah nampan pada telapak tangan kiri dalam posisi center (tengah) nampan dan sejajar di atas perut. Posisi lengan membentuk huruf L, telapak tangan dibuka lebar dan ujung jari mengarah ke depan tubuh.

Ilustrasi cara membawa nampan kosong dengan lengan kiri membentuk huruf  L

Hindari membawa nampan dengan cara dijinjing. Selain bisa dianggap tidak professional, hal ini untuk menghindari kuah dan kotoran yang ada pada nampan jatuh dan mengotori lantai serta tersebar ke mana-mana. 

B. Nampan berisi
Ada 2 cara membawa nampan yang berisi makanan dan minuman :

1. Posisi lengan kiri membentuk huruf L. Telapak tangan dibuka lebar dan ujung jari mengarah ke depan. 
Hal ini sama persis dengan metode atau cara membawa nampan yang kosong. Namun cara ini dianggap kurang safety karena jika sang Waiter bersin seketika, maka bersinnya akan mengenai makanan dan minuman yang dibawanya.

Ilustrasi cara membawa nampan dengan lengan kiri membentuk huruf  L

2. Posisi lengan kiri membentuk huruf V yang tingginya dibuat sejajar dengan tinggi bahu. Telapak tangan terbuka lebar dengan ujung jari mengarah ke belakang.
Posisi membawa nampan inilah yang paling digemari oleh para Waiter di Restoran, karena dengan cara ini, beban berat makanan tidak hanya berada pada telapak tangan, melainkan juga pada lengan dan siku kita. Selain itu juga makanan lebih aman karena terhindar dari bersin dan lainnya.

Ilustrasi cara membawa nampan dengan lengan kiri membentuk huruf V

Namun perlu diingat, cara kedua dalam membawa nampan berisi makanan atau minuman ini hanya bisa dilakukan oleh Waiter yang telah berpengalaman. Dibutuhkan latihan panjang untuk dapat membawa nampan berisi makanan dan minuman dengan cara kedua ini.

Hal lain yang pelu kita perhatikan saat membawa makanan dan minuman dengan menggunakan nampan atau baki dalam jumlah banyak, kita harus sangat berhati-hati. Jika perlu, gunakan saja trolly makanan agar lebih aman.

Demikian artikel cara membawa nampan yang baik dan benar. Semoga bermanfaat.

Anda juga bisa membaca artikel : Tugas Waiter di Restoran

Share this article to:

Artikel Menarik Lainnya

2 komentar

Thanks for the information.
Tapi ada yg mau saya tanyakan, apa membawa makanan / minuman (jika jumlahnya banyak) harus dan waj8b dengan satu tangan?

Untuk membawa makanan/minuman dalam jumlah banyak, kita bisa menggunakan trolly. Jika menggunakan trolly tidak memungkinkan karena jalan yang sempit, kita bisa membawa tray dengan dua tangan.

Unsur safety dalam pekerjaan tetap harus kita utamakan.

Salam kenal untuk Ellzhar Faridzqy Adam. Terima kasih telah berkunjung ke Restofocus.

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.

Copyright © Restofocus | Powered by Blogger

Top