Portal Lengkap Dunia Restoran, Konsultasi dan Training SDM Restoran

Pengertian Survey Kompetitor dan Manfaatnya

Dengan banyaknya jumlah restoran yang ada sekarang ini, menyebabkan persaingan antar restoran menjadi semakin ketat dalam memikat hati setiap konsumen atau pelanggan restoran. Hal ini kemudian mengharuskan setiap pemilik atau pelaku bisnis restoran menganalisa berbagai kelebihan dan kelemahan restoran miliknya, juga kelebihan dan kelemahan restoran pesaing atau kompetitor, dalam upaya memformulasikan strategi pemasaran restoran yang paling tepat. Salah satu cara yang ditempuh adalah dengan melakukan survey kompetitor.

Pengertian survey kompetitor

Survey kompetitor adalah sebuah usaha melakukan analisa atau identifikasi terhadap kelebihan dan kelemahan perusahaan pesaing atau kompetitor dengan cara melakukan kunjungan langsung, mengkonsumsi produk, merasakan pelayanan, dan mengamati segala hal yang dimiliki perusahaan pesaing tersebut untuk kemudian dijadikan sebagai bahan pembanding, evaluasi, dan menentukan kebijakan strategis yang bisa ditempuh untuk kemajuan perusahaan dan strategi bisnis ke depan.

Manfaat survey kompetitor

Berikut adalah beberapa manfaat survey kompetitor :

1. Mengenali pesaing atau kompetitor lebih dekat
Salah satu keberhasilan dalam bisnis adalah kemampuan mengenali atau memahami pesaing. Dengan mengenali restoran pesaing secara lebih dekat, maka kita dapat menentukan dimana akan bersaing dan bagaimana posisi kita diantara pesaing. 

2. Mendorong untuk terus berbenah
Salah satu hal yang paling mengancam kelangsungan bisnis adalah saat kita terlena dan mudah puas dengan pencapaian dan segala hal yang ada di perusahaan atau restoran kita. Dengan kita melakukan survey kompetitor, kita akan melihat banyak kelebihan kompetitor atau pesaing yang sangat mungkin tidak kita miliki, sehingga kita akan terdorong untuk terus berbenah diri meningkatkan kualitas restoran kita.


3. Menjadi inspirasi untuk terus berinovasi
Kita tahu bahwa setiap orang memiliki keunikan dan dituangkan dalam ide-ide yang inovatif. Hal tersebut bisa kita temui di restoran pesaing dan kita bisa menjadikannya sebuah inspirasi untuk terus berinovasi dengan prinsip ATM = Amati, Tiru, dan Modifikasi.

4. Seni membandingkan
Dengan melakukan survey kompetitor, kita bisa membandingkan bagaimana pelayanan di restoran pesaing dengan pelayanan di restoran kita, bagaimana rasa makanan dan minuman di restoran pesaing dengan rasa makanan dan minuman di restoran kita, bagaimana harga di restoran pesaing dengan harga di restoran kita, bagaimana kualitas kebersihan di restoran pesaing dengan kualitas kebersihan di restoran kita dan  lain sebagainya. Seni membandingkan ini akan membuat kita tahu langkah apa yang harus kita lakukan untuk memenangkan persaingan dalam memikat hati konsumen atau pelanggan restoran.

Anda juga bisa membaca artikel : Evaluasi dan Perombakan Menu 

Lalu bagaimana cara kita melakukan survey kompetitor?

Survey kompetitor kita lakukan dengan cara mengajak beberapa head atau leader seperti Manager Operasional, Supervisor, Marketing, Captain Service, Captain Barista, Chief Cook dan Chef untuk berkunjung dan makan di sebuah restoran yang merupakan pesaing kita. Dengan demikian, orang-orang yang ahli di bidangnya ini akan membaca dengan cepat apa saja kelebihan dan kekurangan restoran pesaing tersebut dan apa saja hal baik yang bisa diambil untuk diterapkan di restoran kita.


Anda juga bisa membaca artikel : Tugas Captain Barista di Restoran

Hal yang perlu dicatat dalam melakukan survey kompetitor adalah jangan sampai kita menjadi besar kepala dan menepuk dada, lalu menyepelekan restoran pesaing saat kita menjumpai begitu banyak kelemahan atau keburukan restoran pesaing. Jangan juga kita secara sengaja membuat masalah saat kita melakukan survey kompetitor, misalnya dengan melakukan complaint secara sengaja dengan mencari-cari kesalahan restoran tersebut dan karyawannya dengan tujuan menjatuhkan nama baik restoran tersebut di mata tamu-tamu atau para pelanggannya.

Dalam hidup dan bisnis, niat buruk akan selalu berakhir dengan keburukan. Begitu juga sebaliknya, niat yang baik dan sportif, akan selalu berakhir dengan kebaikan dan keberuntungan. Jadi jangan sampai kita menjadikan survey kompetitor dan manfaatnya menjadi alat untuk berbuat keburukan. Survey kompetitor yang saya maksudkan bukanlah untuk menghancurkan restoran pesaing, melainkan untuk menjadikan restoran kita selalu bisa berbenah menjadi lebih baik, Dengan demikian, dengan sendirinya, kita akan mampu terus memikat hati setiap konsumen atau pelanggan restoran. Semoga bermanfaat.

Share this article to:

Artikel Menarik Lainnya

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.

Copyright © Restofocus | Powered by Blogger

Top