1/09/2016

Kelebihan dan Kekurangan Menyediakan Fasilitas Wifi di Restoran

Dias Akhmad  |  at  1/09/2016  |   |  No comments

Saar ini sangat banyak restoran yang menyediakan fasilitas Wifi atau Hotspot Area. Hal ini tentu saja merupakan salah satu penarik minat orang untuk datang berkunjung. Apalagi sekarang ini, hampir semua orang telah akrab dengan Gawai dan internet sehari-harinya. Kemana pun orang-orang pergi, akses internet selalu dicari. Jadi, tersedianya fasilitas Wifi merupakan sebuah keuntungan bagi konsumen yang ingin mendapatkan akses internet yang cepat dan gratis, selain juga merupakan keuntungan bagi pemilik restoran karena Wifi telah menjadi semacam magnet penarik tamu untuk datang ke restoran.


Namun demikian, menyediakan fasilitas Wifi di restoran tidak terlepas dari kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya adalah seperti yang saya sampaikan di awal artikel ini, yaitu bisa menjadi penarik minat orang untuk datang ke restoran. Apalagi untuk restoran atau cafe yang berada di lokasi Kampus atau Sekolah, dimana banyak mahasiswa atau pelajar yang membutuhkan internet, baik untuk mencari bahan atau materi tugas kuliah dan sekolah, maupun hanya sekedar mencari akses internet gratis untuk update status di sosial media dan menonton video di Youtube.

Anda juga bisa membaca artikel : Kriteria Restoran Favorite Anak Sekolah

Adapun kekurangan dari adanya fasilitas Wifi yang disediakan oleh sebuah restoran, adalah menurun atau melambatnya pergantian (turn over) tamu restoran. Hal ini disebabkan karena banyaknya tamu restoran yang duduk berlama-lama sambil browsing di internet. Jadi, yang seharusnya 1 meja bisa ditempati sebanyak 10 sampai dengan 20 kali oleh tamu atau pelanggan berbeda dalam satu hari, sangat mungkin hanya bisa ditempati oleh 5 sampai dengan 10 kali dalam satu hari. 

Dengan turun atau lambatnya pergantian tamu, maka sudah bisa dipastikan akan mengurangi jumlah sales atau penjualan menu restoran yang berujung pada minimnya omset yang didapatkan. Inilah hal yang harus kita pertimbangkan sebelum memutuskan untuk menyediakan fasilitas Wifi gratis di restoran.

Bagaimana jika saat ini restoran kita telah menyediakan fasilitas Wifi dan kita ingin menghilangkan atau mencabut fasilitas Wifi tersebut untuk meningkatkan turn over tamu?. Jawabannya adalah sangat beresiko mendatangkan banyak complaint dari tamu atau pelanggan, yang sejak awal telah mengetahui bahwa restoran kita memiliki fasilitas Wifi free. Jadi, hal yang tepat adalah dengan mempertimbangkannya dengan matang saat kita berencana menambahkan fasilitas Wifi di restoran kita sejak awal.

Adapun solusi untuk meningkatkan penjualan menu dari lambatnya turn over tamu yang disebabkan oleh banyaknya tamu yang berlama-lama menikmati akses internet gratis di restoran, adalah dengan secara aktif selalu menawarkan menu tambahan atau additional menu seperti snack, ice cream dan aneka minuman ringan kepada tamu atau pelanggan restoran.


Demikian artikel tentang kelebihan dan kekurangan menyediakan faslitas Wifi di restoran. Semoga bermanfaat.

Kelebihan dan Kekurangan Menyediakan Fasilitas Wifi di Restoran Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dias Akhmad

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.