11/27/2015

Strategi Marketing Restoran : Beli Banyak Lebih Murah

Dias Akhmad  |  at  11/27/2015  |   |  No comments

Menjelang akhir tahun, biasanya jumlah pesanan meningkat 2 sampai dengan 3 kali lipat. Hal ini tentu saja menjadi perhatian bagi banyak pengusaha restoran, terutama tim marketing. Banyak strategi marketing yang dijalankan untuk mendapatkan jumlah pesanan sebanyak-banyaknya memanfaatkan momentum akhir tahun. Salah satu cara atau strategi marketing yang dipakai adalah : beli banyak lebih murah. Contohnya jika harga normal suatu menu adalah Rp. 19.000,- /pax, bagi pelanggan yang memesan lebih dari 30 pax bisa membelinya dengan harga Rp. 17.500,- /pax dengan komposisi menu yang sama.

Promo "beli banyak lebih murah" memang menjadi salah satu cara promosi yang efektif untuk menarik minat orang memesan makanan dan minuman di restoran kita. Namun dalam hal ini, perlu koordinasi serius antara manager atau supervisor, tim marketing dan chef restoran. Hal ini menjadi penting karena memotong atau mengurangi harga jual menu bisa berdampak pada tingginya foodcost yang bisa mengurangi laba meskipun target omset bisa tercapai.


Anda juga bisa membaca artikel : Pengertian Foodcost dan Cara Menghitung Foodcost

Dengan bertemunya manager atau supervisor, tim marketing dan chef, maka dapat dipetakan dengan baik berapa harga menu yang bisa ditetapkan untuk promo beli banyak lebih murah. Setelah harga menu berhasil ditetapkan, maka selanjutnya tim marketing akan membuat SOP (Standart Operasional Procedure) promo marketing "beli banyak lebih murah" untuk disosialisasikan kepada semua karyawan restoran, mulai dari kasir, waiter dan waitress, koki dan crew lainnya.

Keberhasilan strategi marketing restoran beli banyak lebih murah, sangat ditentukan oleh beberapa hal sebagai berikut :

1. Promo marketing
2. Kecepatan pelayanan
3. Kualitas menu atau produk
4. Fasilitas atau layanan antar pesanan

Jika keempat faktor di atas bisa dijalankan dengan baik, maka promo marketing beli banyak lebih murah, bisa mendatangkan keuntungan yang cukup besar pada bulan-bulan ramai pesanan seperti akhir tahun.

Anda juga bisa membaca artikel : Cara Tepat dan Kreatif Meningkatkan Penjualan atau Omset Restoran

Demikian artikel strategi marketing restoran : beli banyak lebih murah. Semoga bermanfaat.

Strategi Marketing Restoran : Beli Banyak Lebih Murah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dias Akhmad

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.