Portal Lengkap Dunia Restoran, Konsultasi dan Training SDM Restoran

Pentingnya Kartu Saran Pelanggan Bagi Sebuah Restoran

Setiap bidang usaha yang bergerak di bidang pelayanan sesungguhnya selalu membutuhkan saran dari para pelanggannya. Tanpa saran atau masukan dari pelanggan, pelaku usaha di bidang pelayanan seperti rumah makan atau restoran, akan seperti orang buta. Tak tahu di bagian mana yang kurang dan harus diperbaiki, sesuatu yang akan membuat pelanggan mereka pergi meninggalkan mereka dengan banyak kekecewaan. Untuk itu, kita membutuhkan sebuah alat sederhana yang disebut kartu saran.


Seorang ahli di bidang layanan perhotelan bernama Horst Schulz mengatakan "Unless you have 100% customer satisfaction, you must improve", yang artinya kurang lebih "meskipun anda memiliki 100% pelanggan puas, anda harus tetap memperbaiki (pelayanan, produk dan fasilitas anda)". Hal ini sungguh benar adanya. Konsistensi dalam meningkatkan mutu, baik pelayanan, produk atau menu dan fasilitas yang kita berikan kepada pelanggan adalah kunci yang menjadikan restoran kita tetap dicintai pelanggan. 

Dalam hal meningkatkan mutu restoran, kita membutuhkan banyak masukan atau saran dari pelanggan kita. Untuk itulah kita perlu menyediakan kartu saran yang berguna agar pelanggan restoran dapat dengan mudah menuliskan saran atau masukan mereka atas mutu pelayanan, produk, dan fasilitas yang disediakan restoran kita. 

Pelanggan lah yang dapat memberikan penilaian objective atas mutu restoran kita, maka kartu saran menjadi sangat penting dan dibutuhkan untuk mengetahui dan mengukur seberapa puaskah pelanggan atas pelayanan, produk atau menu dan fasilitas restoran kita. 

Anda juga bisa membaca artikel : Restoran, Menu Sehat dan Izin BPOM

Berita buruknya, tidak semua pelanggan bersedia meluangkan sedikit waktunya untuk mau menuliskan saran atau masukan meski kita telah menyediakan kartu saran. Banyak tamu restoran yang saat mereka mengalami kekecewaan atau ke-tidak-puasan, mereka hanya diam dan selanjutnya tak pernah datang lagi.

Untuk itu, sangat baik jika kita juga memberikan reward atau penghargaan kepada pelanggan yang telah bersedia menuliskan sarannya dengan memberikannya hadiah seperti meal voucher dengan nilai tertentu. Dengan ini, diharapkan akan menarik minta banyak pelanggan untuk menuliskan saran atau masukannya yang sangat berguna untuk membuat mutu restoran kita menjadi lebih baik. 

Anda juga bisa membaca artikel : Cara Jitu Dapatkan Respon Positif Tamu Restoran

Demikian artikel tentang pentingnya kartu saran pelanggan bagi sebuah restoran. Semoga bermanfaat.

Share this article to:

Artikel Menarik Lainnya

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.

Copyright © Restofocus | Powered by Blogger

Top