11/30/2015

Pengertian dan Fungsi Mise en Place

Dias Akhmad  |  at  11/30/2015  |   |  No comments

Terminologi atau istilah mise en place sering kita dengar di lingkungan hotel dan restoran. Namun demikian, tak banyak orang yang mengetahui apa sebenarnya pengertian atau definisi dari mise en place itu sendiri. Hal ini dikarenakan tidak banyak sumber bacaan yang mengulas tentang pengertian mise en place termasuk fungsi dari mise en place itu sendiri. Untuk itu, di artikel ini Restofocus.Com mencoba menulis tentang pengertian dan fungsi mise en place untuk pembaca tercinta. Selamat membaca.

Pengertian mise en place

Mice en place adalah kegiatan mengumpulkan dan menempatkan segala sesuatu yang dibutuhkan, baik berupa bahan maupun peralatan sebelum dimulainya sebuah pekerjaan. Mice en place sendiri merupakan sebuah frase dalam bahasa perancis, yang berarti "menempatkan di tempat".

Fungsi mise en place

Fungsi dari mise en place yang dilakukan baik oleh seorang koki maupun waiter, adalah untuk mempercepat dan memperlancar pekerjaan. Sebagai contoh, untuk seorang koki di kitchen, dengan melakukan mise en place, maka ketika sang koki memasak, ia dapat dengan cepat melakukan segala sesuatunya. Mise en place menjadi sangat penting saat seorang koki memasak dan harus mengaduk saat menggoreng, ketika proses memasak begitu cepat sehingga resep akan hancur jika koki harus berhenti untuk mencari bahan atau alat.

Mise en place berarti kita memiliki dan menyiapkan semua bahan dan peralatan sehingga proses pengerjaan sesuatu menjadi lebih cepat dan tak terganggu dengan mencari bahan atau peralatan terlebih dahulu pada saat kita tengah mengerjakan sesuatu.

Mise en place memiliki peran yang lebih penting di restoran, dimana ada beberapa koki yang dikenal dengan sauce chef yang salah satu tugasnya adalah untuk mempersiapkan bahan-bahan yang akan digunakan oleh koki atau chef untuk memasak.


Anda juga bisa membaca artikel : Chef Sombong, Sudah Bukan Zamannya

Melakukan mise en place di dapur atau kitchen restoran berarti menyiapkan semua peralatan, rempah-rempah dan bahan yang dibutuhkan untuk memasak. Mulai dari saus, kecap, bawang iris, daging cincang, kelapa atau kunyit yang telah diparut, dan sebagainya sesuai dengan resep masakan yang akan dibuat.

Sedangkan melakukan mise en place di service, berarti menyiapkan semua peralatan service dan bahan pelengkap (condiment) agar siap untuk digunakan. Seperti misalnya melakukan polishing peralatan makan dan minum, mempersiapkan linen baru dan mengganti linen yang kotor, melakukan pembersihan dan pengisian kembali bahan pelengkap, seperti garam, merica, cuka dan lain-lain.

Dengan telah dilakukannya mise en place maka segala pekerjaan baik yang dilakukan oleh waiter maupun koki menjadi lebih cepat dan menyenangkan karena semua sudah "berada pada tempatnya".

Anda juga bisa membaca artikel : Tugas Waiter di Restoran

Demikian artikel tentang pengertian dan fungsi mise en place. Semoga bermanfaat.

Sumber Gambar : Wikipedia.org

Pengertian dan Fungsi Mise en Place Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dias Akhmad

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.