Portal Lengkap Dunia Restoran, Konsultasi dan Training SDM Restoran

Kriteria Pembungkus Makanan dan Minuman yang Baik

Pembungkus makanan dan minuman diperlukan saat ada konsumen atau pelanggan restoran yang memesan menu dibungkus (take away) untuk dibawa pulang. Selain itu, juga berfungsi pada saat ada tamu restoran yang makanan atau minumannya tidak habis dan meminta bantuan waiter membungkusnya. 

Sampai saat ini banyak restoran yang masih menggunakan 4 jenis bahan pembungkus makanan dan minuman, yaitu pembungkus dari plastik, pembungkus dari kertas, pembungkus dari daun (khusus makanan), dan pembungkus berbahan styrofoam. Untuk menentukan jenis bahan pembungkus yang mana yang akan kita pakai di restoran kita, ada baiknya kita mengetahui apa saja kriteria pembungkus makanan yang baik.


Berikut adalah beberapa kriteria pembungkus makanan yang baik :
  • Kedap air. Pembungkus makanan haruslah kedap atau tahan air sehingga menu yang ada di dalam nya tetap terjaga dengan baik meskipun pembungkusnya terkena air.
  • Tidak bocor. Hal ini sangat penting apalagi untuk menu yang berkuah seperti aneka sop dan lainnya. Untuk pembungkus minuman, jika bocor tentu akan menjadi masalah bagi konsumen.
  • Mudah dibuka dan ditutup. Pembungkus makanan juga harus mudah untuk ditutup pada saat membungkus dan mudah dibuka oleh konsumen pada saat akan dinikmati.
  • Tidak merusak lingkungan. Bahan pembungkus makanan dan minuman haruslah terbuat dari bahan yang mudah hancur secara alami.
  • Tidak mengandung zat berbahaya bagi kesehatan. Kesehatan adalah hal utama  yang harus diperhatikan. Untuk itu jangan sampai kita menggunakan pembungkus makanan dan minuman yang mengandung zat atau unsur yang berbahaya bagi kesehatan. 
  • Menarik. Pembungkus makanan dan minuman yang baik juga harus memiliki bentuk visual yang menarik.
  • Informatif dan mengandung promosi. Pembungkus makanan dan minuman yang baik juga dapat memberikan informasi dan promosi, misalnya dengan menampilkan logo dan nama restoran, alamat, contact atau telefon dan menu favorite restoran. 
Itulah beberapa kriteria pembungkus makanan dan minuman yang baik. Selain itu, jika restoran kita menggunakan pembungkus dari plastik untuk makanan, disarankan untuk menghindari penggunaan kantong plastik berwarna hitam. Selain tidak menarik, juga karena alasan kesehatan. Kantong plastik berwarna hitam lebih berbahaya dibanding yang lainnya. Mengapa? kantong plastik ini terbuat dari berbagai plastik bekas yang dikumpulkan kemudian didaur ulang. Dalam proses ini biasanya ditambahkan berbagai zat kimia sebagai bahan tambahan, dan selanjutnya dilelehkan pada suhu tertentu untuk kemudian dicetak sebagai kantong plastik. 

Anda juga bisa membaca artikel : Restoran, Menu Sehat dan Izin BPOM

Bahan kimia yang terkandung dalam plastik mudah terurai saat terkena makanan yang masih panas atau pada makanan yang mengandung asam, cuka, vitamin c, dan makanan yang berminyak atau berlemak. Zat kimia yang telah terurai tersebut kemudian dapat mengkontaminasi makanan.

Demikian artikel tentang kriteria pembungkus makanan dan minuman yang baik. Semoga bermanfaat.

Share this article to:

Artikel Menarik Lainnya

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.

Copyright © Restofocus | Powered by Blogger

Top