Portal Lengkap Dunia Restoran, Konsultasi dan Training SDM Restoran

Hak Penggunaan Handphone Saat Operasional Restoran

Penggunaan gawai seperti handphone saat operasional haruslah sangat hati-hati, jika tidak, maka siapapun akan dengan seenaknya menggunakan handphone saat tengah bertugas di restoran. Sudah pasti, hal ini akan mengganggu operasional dan mengurangi produktivitas kerja karyawan restoran. Untuk itu, hak penggunaan handphone saat operasional restoran perlu dibuat dalam sebuah aturan khusus yang harus dipatuhi oleh semua karyawan restoran.

Pada umumnya, hampir semua restoran melarang menggunakan hp saat operasional. Namun demikian, masih ada kelonggaran bagi karyawan tertentu seperti leader untuk tetap bisa menggunakan hp demi kelancaran dan kecepatan komunikasi dan informasi yang berhubungan dengan operasional restoran..

Sayangnya, kadang pemberian hak menggunakan handphone saat operasional untuk leader seperti supervisor, captain dan chief cook ini seringkali disalahgunakan. Kerap dijumpai ada supervisor dan captain service yang sedang asyik dengan hanphone atau tablet nya saat ia seharusnya melakukan kontrol. Area kasir sering menjadi "tempat mangkal" paling favorit untuk bermain handphone, entah ber-sms ria, bbm-an, membuka facebook, hingga menonton video di Youtube.


Tantu hal ini harus menjadi bahan evaluasi tersendiri atas hak penggunaan handphone bagi leader. Karena penyalahgunaan hak seperti ini bisa menurunkan kinerja atau produktivitas mereka dan bahkan bisa jadi mengganggu kelancaran operasional.

Selain itu, crew yang melihat leader nya tengah asyik bermain handphone, akan merasa bahwa aturan yang melarang penggunaan handphone bagi mereka sangat terasa tidak adil. Lambat laun, respect crew terhadap leader nya pun akan semakin rendah. Belum lagi dengan kesan yang akan didapatkan tamu saat melihat seorang supervisor atau captain service yang harusnya standby dan siap melayani, tampak sibuk dengan gawai atau gadget nya sendiri.

Hal inilah yang harus selalu kita waspadai. Jangan sampai aturan penggunaan handphone menjadi hal yang kemudian merusak kewibawaan aturan itu sendiri, menurunkan respect bawahan dan merusak citra restoran di mata tamu. Sudah selayaknya, semua anggota leader yang diberi hak untuk menggunakan handphone saat operasional, menggunakannya secara bijaksana.

Leader, adalah wakil perusahaan yang seharusnya menggunakan kepercayaan yang diberikan kepadanya dengan baik. Untuk itu, leader harus secara konsisten hanya menggunakan handphone untuk kepentingan operasional perusahaan atau restoran, dan bukan untuk urusan atau kesenangan pribadi.

Anda juga bisa membaca artikel : Captain Service dan Keteladanan Sebagai Pemimpin

Demikian artikel hak penggunaan handphone saat operasional restoran. Semoga bermanfaat.

Share this article to:

Artikel Menarik Lainnya

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.

Copyright © Restofocus | Powered by Blogger

Top