11/20/2015

Divisi Maintenance di Restoran

Divisi atau bagian maintenance di restoran merupakan divisi atau bagian mandiri dalam sistem kerja di restoran, artinya secara managerial ia tidak berada di bawah supervisor tetapi langsung bertanggung jawab kepada manager operasional dan owner restoran. Divisi maintenance sangat dibutuhkan di restoran yang telah memiliki banyak cabang.

Semakin banyak cabang, maka kebutuhan akan adanya divisi maintenance akan semakin besar. Jika saat ini sebuah restoran dengan 8 cabang memiliki 1 orang tenaga maintenance, maka management restoran harus menambah jumlah tenaga maintenance hingga 2 sampai dengan 3 orang saat telah memiliki 10 hingga 15 cabang restoran. Hal ini dikarenakan semakin banyak cabang restoran, maka frekuensi kebutuhan service atau perawatan peralatan restoran akan semakin tinggi sehingga tenaga petugas maintenance lebih dibutuhkan.



Jika saat ini kita tengah mempertimbangkan untuk mengadakan divisi maintenance di restoran kita dan berniat untuk merekrut satu atau beberapa orang tenaga maintenance, maka kita perlu memperhatikan beberapa hal sebagai berikut :

1. Keahlian
Idealnya kita mempunyai beberapa tenaga maintenance yang memiliki keahlian dalam :
  • Perawatan gedung atau bangunan
  • Perbaikan peralatan operasional restoran
  • Perawatan dan service barang elektronik dan elektrik
  • Kelistrikan
Jika seorang maintenance kita memiliki ketiga keahlian di atas, maka hal itu adalah nilai tambah yang sangat menguntungkan bagi kita. Namun jika ia hanya menguasai dalam satu keahlian saja misalnya hanya dalam soal bangunan, maka hindari untuk memaksakan karyawan atau petugas maintenance tersebut untuk menangani hal-hal yang tidak ia mengerti atau bukan bidangnya. Kita harus merekrut karyawan lain yang memiliki keahlian dalam bidang bersangkutan. Hal ini tentunya untuk menghindari resiko atau bahaya lebih besar yang bisa ditimbulkan karena salah penanganan.

Anda juga bisa membaca artikel : Lulusan STM Bangunan Kerja di Restoran, Masalah?

2. Kejujuran
Saat melakukan service atau perbaikan peralatan yang rusak di restoran, seorang petugas maintenance biasanya diberikan izin untuk membeli barang yang diperlukan demi kecepatan penanganan kerusakan. Untuk itu, pastikan bahwa petugas maintenance yang kita rekrut adalah orang yang jujur dan bisa dipercaya. Selain itu, penerapan kebijakan accounting yang ketat juga bisa membantu untuk mencegah terjadinya kecurangan dalam hal pembelian barang seperti mark up harga atau manipulasi jumlah.

3. Bisa mengemudi
Banyaknya cabang restoran, akan mengharuskan petugas maintenance untuk berkeliling atau mobile dari satu cabang ke cabang restoran yang lain. Hal ini tentunya mewajibkan petugas maintenance untuk bisa mengemudikan kendaraan baik mobil maupun sepeda motor, dan tentunya harus memiliki SIM.

Anda juga bisa membaca artikel : Kenapa Marketing Restoran Wajib Punya SIM?

Itulah beberapa hal yang perlu kita perhatikan saat kita berniat untuk merekrut satu atau beberapa orang sebagai tenaga maintenance atau pemeliharaan di restoran kita.

Demikian artikel tentang divisi maintenance di restoran. Semoga bermanfaat. 

Divisi Maintenance di Restoran Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dias Akhmad

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.