11/19/2015

Beberapa Hal yang Harus Dipersiapkan untuk Menjadi Seorang Supervisor Restoran

Dias Akhmad  |  at  11/19/2015  |   |  No comments

Suatu kali, seorang supervisor menghubungi saya dengan maksud mengajukan salah seorang captain service di cabang restoran dimana ia bertugas untuk dipromosikan sebagai supervisor di cabang baru. Saat itu memang ada niat dari management restoran untuk membuka sebuah cabang baru. Maka secara otomatis, kami memerlukan seseorang untuk memegang jabatan sebagai supervisor.

Saat mendengar nama yang disebutkan untuk dipromosikan menjadi supervisor, saya menjadi miris, pasalnya saya melihat bahwa seseorang yang diajukan tersebut masih belum memenuhi kriteria untuk dapat menjadi seorang pemimpin setingkat supervisor. Berangkat dari cerita inilah saya kemudian mencoba menuliskan beberapa hal yang harus dipersiapkan untuk menjadi seorang supervisor restoran. Hal ini bermanfaat sebagai bahan pertimbangan saat kita akan mengangkat atau mempromosikan seseorang sebagai seorang supervisor di restoran kita.

Pada prinsipnya, untuk bisa menjadi seorang supervisor dibutuhkan beberapa hal sebagai berikut :

1. Kepemimpinan
Leadership atau kepemimpinan mutlak diperlukan untuk menjadi seorang supervisor. Pemimpin adalah seseorang yang dengan segala yang ada pada dirinya mampu mempengaruhi yang dipimpinnya. Dengan kata lain, ia mampu menularkan segala hal positif kepada orang lain dan mampu memotivasi serta menggerakkan orang lain, baik dengan sikap, ucapan, maupun teladan atau contoh nyata.


2. Keteladanan
Seperti yang disampaikan oleh Bapak Pendidikan kita ; Ki Hajar Dewantoro, bahwa seorang pemimpin hendaknya memiliki sifat "Ing Ngarso Sung Tulodo" yang artinya, sebagai seorang pemimpin harus bisa memberikan keteladanan yang baik bagi orang yang dipimpinnya. Jadi dalam hal ini, seorang pemimpin tak hanya dituntut pandai bicara atau ahli berorasi, namun mampu memberikan contoh atau keteladanan yang nyata. 

Anda juga bisa membaca artikel : Menjadi Supervisor Teladan

3. Kebijaksanaan
Seorang supervisor juga harus memiliki kebijaksanaan dalam memutuskan sesuatu, menyampaikan sesuatu, maupun menginstruksikan sesuatu. Dalam hal ini, segala kebijaksanaan yang dibuatnya haruslah tetap berpedoman pada aturan perusahaan dengan tetap mengindahkan nilai-nilai luhur kemanusiaan.

4. Kecerdasan
Kecerdasan adalah hal yang wajib dimiliki oleh seorang supervisor. Hal ini sangat berguna dalam memecahkan berbagai persoalan yang timbul dalam operasional restoran dengan mampu secara cepat dan tepat mengambil keputusan dan langkah solusi.

5. Kejujuran
Seorang supervisor haruslah dipilih dari sosok karyawan yang teruji kejujurannya. Hal ini sangat penting mengingat sebagai pimpinan tertinggi di sebuah cabang restoran, ia akan memiliki banyak akses dalam berbagai hal.

6. Rendah hati
Hal terakhir ini juga sangat diperlukan untuk ada pada diri seorang supervisor. Sikap rendah hati, akan membuat seseorang bisa terus belajar dan mau mendengar semua masukan bahkan kritik yang ditujukan kepadanya. Sebaliknya, sikap angkuh atau sombong, membuat seseorang merasa paling pintar dan paling harus didengarkan. Sikap rendah hati akan membawa kepemimpinannya menjadi jalan perkembangan kualitas diri yang kemudian akan membuatnya semakin matang dalam memimpin operasional restoran.

Anda juga bisa membaca artikel : 5 Kesalahan Supervisor Restoran

Demikian artikel tentang beberapa hal yang harus dipersiapkan untuk menjadi seorang supervisor. Semoga bermanfaat.

Beberapa Hal yang Harus Dipersiapkan untuk Menjadi Seorang Supervisor Restoran Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dias Akhmad

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.