11/24/2015

5 Hal yang Harus Diperhatikan Agar Freezer di Restoran Tidak Cepat Rusak

Dias Akhmad  |  at  11/24/2015  |   |  No comments

Freezer merupakan alat penyimpanan bahan baku produksi yang sangat penting di restoran. Jika sampai sebuah freezer rusak, maka hal ini akan menjadi cukup merepotkan. Apalagi jika sampai semua freezer mengalami kerusakan pada saat bersamaan, maka pasti operasional restoran akan terganggu. Untuk itulah kita harus secara serius memperhatikan hal apa saja yang harus dan tidak boleh dilakukan agar freezer di restoran tidak cepat rusak.

Berikut adalah 5 hal yang harus diperhatikan agar freezer di restoran tidak cepat rusak :

1. Jangan membersihkan freezer dengan benda tajam
Pada saat terbentuk banyak gumpalan salju atau bunga es pada bagian dalam freezer, maka suhu dingin menjadi berkurang. Untuk mengatasinya kita harus membersihkan bagian dalam freezer dari gumpalan salju. Namun,, jangan sesekali kita menggunakan benda tajam seperti pisau atau garpu untuk mencongkel gumpalan salju tersebut. Hal ini disebabkan benda tajam seperti pisau atau garpu dapat merusak lapisan bagian dalam freezer yang disebut evaporator menjadi rusak atau berlubang, akibatnya suhu dingin yang dihasilkan freezer akan terbuang karena kebocoran yang terjadi melalui lubang yang disebabkan penggunaan benda tajam.



2. Jangan menyiram atau mengguyur body freezer dengan air
Menyiram atau mengguyur body freezer dengan air dapat menyebabkan air masuk ke dalam mesin freezer yang dapat menimbulkan konslet (korsleting) arus listrik. Ciri yang paling sering ditemui adalah saat tangan kita menyentuh body atau badan freezer, ada setrum yang mengejutkan. Hal terbaik jika kita ingin membersihkan body freezer adalah dengan mengelapnya perlahan dengan handuk atau kain basah.

3. Jangan membuka freezer terlalu lama dalam keadaan hidup
Membuka freezer terlalu lama dalam kondisi freezer dihidupkan akan membuat kompresor freezer menjadi cepat rusak. Jika kompresor rusak, maka meskipun freon masih penuh terisi, mesin freezer tidak dapat menghasilkan hawa dingin.

4. Hindari mengisi freezer terlalu penuh
Freezer yang terlalu penuh dengan barang atau bahan produksi tidak dapat bekerja dengan baik karena sirkulasi hawa dingin sulit terjadi. Jika hal ini berlangsung lama atau sering terjadi, maka secara perlahan, kemampuan mesin freezer untuk menghasilkan hawa dingin akan menurun.

5. Gunakan stabilizer
Stabilizer berfungsi untuk menyesuaikan arus listrik yang mengalir ke dalam mesin freezer saat terjadi perubahan arus secara signifikan, misalnya saat terjadi pergantian sumber listrik dari PLN ke Genset karena adanya pemadaman lampu oleh PLN. Tanpa Stabilizer, maka arus yang naik turun tak stabil dapat menyebabkan mesin freezer menjadi cepat rusak. Menggunakan stabilizer untuk freezer adalah sebuah keharusan agar mesin freezer menjadi lebih awet.

Itulah 5 hal yang harus diperhatikan agar freezer di restoran tidak cepat rusak. Dengan keseriusan kita dalam menjaga dan merawat freezer, maka freezer akan menjadi awet atau tahan lama yang tentu dapat menghemat banyaknya biaya operasional restoran yang harus kita keluarkan.

Anda juga bisa membaca artikel : Cara Menekan Biaya Operasional Restoran

Demikian artikel tentang 5 hal yang harus diperhatikan agar freezer di restoran menjadi awet atau tidak cepat rusak, Semoga bermanfaat.

5 Hal yang Harus Diperhatikan Agar Freezer di Restoran Tidak Cepat Rusak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dias Akhmad

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.