10/08/2015

Ucapan Selamat Datang Untuk Tamu di Restoran Sebagai Service Pembuka

Dias Akhmad  |  at  10/08/2015  |   |  No comments

Service atau pelayanan yang baik adalah pelayanan yang sangat memperhatikan dan mengutamakan tamu dari mulai tamu datang hingga tamu selesai makan dan pulang meninggalkan restoran. Saat tamu datang, maka greeter dan waiter akan menyambutnya dengan ucapan selamat datang sebagai service pembuka yang mengawali step atau langkah service selanjutnya.

Banyak yang bertanya kemudian apakah menyambut tamu dengan ucapan selamat datang hanya dilakukan oleh seorang greeter atau welcomer yang berdiri standby di muka pintu restoran?. Jawabannya adalah tidak. Menyambut tamu dengan mengucapkan selamat datang, selamat pagi/siang/sore/malam adalah kewajiban dari semua karyawan restoran mulai dari  Manager, Supervisor, Captain Waiter, Chef, Koki, Bartender, Waiter, Chasier, Bus Boy, Aboyer, Greeter, Gardener hingga Satpam restoran. 

Anda juga bisa membaca artikel : Tugas Aboyer yang Digantikan oleh Printer

Ucapan selamat datang berperan sebagai service pembuka yang akan memberikan kesan positif kepada tamu dari sejak tamu datang. Jika kondisi restoran ramai dan tak ada crew restoran yang bisa standby sebagai greeter, maka siapapun yang berpapasan dengan tamu, maka ia wajib melakukan penyambutan dengan mengucapkan selamat datang atau selamat pagi, siang, sore atau malam.


Coba bayangkan jika kita masuk ke sebuah restoran dimana saat kita datang, tak ada satu karyawan restoran pun yang menyambut kita. Kemudian kita memilih sebuah meja dan duduk di sana, namun juga tidak ada seorang waiter atau siapapun dari karyawan restoran yang menghampiri, bagaimana perasaan kita?, masihkah kita mau menunggu atau malah segera pergi dengan hati kesal?. 

Meski terdengar sepele, namun ucapan selamat datang untuk tamu sebenarnya memiliki fungsi yang sangat penting. Ucapan selamat datang untuk tamu dapat memberikan kesan yang baik kepada tamu dimana tamu merasa dihargai sekaligus sebagai bahasa non verbal bahwa kita senang dengan kehadirannya.

Ingat lah akan pepatah "everybody is marketing" dimana setiap karyawan restoran dapat memberikan nilai plus terhadap pelayanan restoran dengan secara konsisten bersikap ramah dan selalu menyambut tamu atau pelanggan restoran yang datang dengan ucapan selamat datang sebagai service atau pelayanan pembuka yang baik.

Anda juga bisa membaca artikel : Langkah Pelayanan Standart di Restoran

Demikian artikel tentang ucapan selamat datang untuk tamu di restoran sebagai service pembuka. Semoga bermanfaat.

Sumber gambar : Andrew Stawarz

Ucapan Selamat Datang Untuk Tamu di Restoran Sebagai Service Pembuka Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dias Akhmad

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.