10/02/2015

Penyebab Kurang atau Menurunnya Penjualan Menu dan Solusinya

Dias Akhmad  |  at  10/02/2015  |   |  No comments

Kita sering menemukan ada sebuah menu yang tingkat penjualannya sangat bagus di satu cabang restoran tapi di cabang restoran lain, menu tersebut tidak laku sama sekali. Hal ini bukan terjadi tanpa alasan. Untuk itu kita harus melakukan evaluasi untuk mencari tahu apa penyebabnya.


Berdasarkan pengalaman saya, penyebab kurang atau menurunnya penjualan menu disebabkan oleh beberapa faktor sebagai berikut :

1. Rasa menu tidak enak
Sebuah menu yang sama, misalnya Sop Buntut bisa mempunyai rasa yang berbeda antara satu cabang restoran dengan cabang lainnya. Bisa jadi, Sop Buntut di cabang restoran A tidak seenak Sop Buntut di cabang restoran B sehingga menu Sop Buntut di cabang restoran A kurang diminati tamu restoran.
Solusi : Standarisasi menu

Anda juga bisa membaca : Peran Rumah Produksi Dalam Standarisasi Menu

2. Sering tidak ada stock 
Ketika ada tamu restoran yang beberapa kali datang dan memesan sebuah menu namun tidak ada stock, maka tamu tersebut, untuk selanjutnya menjadi malas memesan menu tersebut. Alhasil, menu tersebut akan menjadi tidak laku atau semakin menurun penjualannya.
Solusi : Konsisten terhadap pengadaan bahan baku dan stock jual menu

3. Kurang atau jarang ditawarkan
Waiter dan waitress memegang peranan penting dalam menawarkan sebuah menu kepada tamu restoran. Jika sebuah menu kurang atau jarang ditawarkan, maka menu tersebut sangat mungkin sedikit sekali yang memesannya. Apalagi jika pilihan menu nya sangat banyak.
Solusi : mendorong waiter dan waitress untuk aktif menawarkan

Demikian artikel penyebab kurang atau menurunnya penjualan menu dan solusinya. Semoga bermanfaat.

Penyebab Kurang atau Menurunnya Penjualan Menu dan Solusinya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dias Akhmad

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.