Portal Lengkap Dunia Restoran, Konsultasi dan Training SDM Restoran

Pengertian dan Fungsi Buku Free di Restoran

Salah satu kunci sukses sebuah restoran adalah berjalannya kegiatan administrasi restoran dengan baik. Banyak administrasi yang dilakukan di restoran seperti Audit Administrasi, Rekap Penjualan, Buku Stock, Buku Inventaris, Buku Perubahan Resep, Buku Free dan lain-lain. Dalam artikel ini kita akan membahas tentang pengertian dan fungsi buku free di restoran yang merupakan salah satu bagian dari administrasi restoran yang sangat dianjurkan untuk dijalankan.

Pengertian Buku Free

Buku Free adalah sebuah buku yang digunakan untuk mencatat jumlah stock menu jual yang di-free-kan atau digratiskan dan tidak melalui transaksi di kasir.

Untuk memperjelas pengertian Buku Free, berikut saya tuliskan beberapa contohnya :
  • Ada tamu yang complaint Sop Buntut nya terlalu sedikit atau dagingnya keras dan kita melakukan penggantian dengan menyajikan 1 porsi Sop Buntut yang baru. Maka stock jual Sop Buntut menjadi berkurang tanpa melalui transaksi di kasir.
  • Adanya kebutuhan untuk melakukan Test Food. Misalnya koki membuat Banana Crispy untuk keperluan Test Food, maka stock jual Banana Crispy menjadi berkurang tanpa melalui transaksi di kasir.
  • Keluarga Owner atau Management Restoran mengadakan acara makan malam dengan relasi di restoran. Jika Sang Owner membayarnya, maka semua menu yang dihidangkan akan masuk transaksi kasir, tapi jika tidak, maka harus dicatat di buku free sebagai pengurang stock jual.
  • Dll.


Prosedur penggunaan Buku Free
  • Setiap kali ada menu stock jual yang digratiskan, maka harus dicatat dalam buku free
  • Hal yang dicatat dalam buku free adalah : hari dan tanggal, nama menu,  jumlah (berapa porsi) dan keterangan mengenai kenapa menu tsb digratiskan
  • Pencatatan dilakukan oleh chief cook. Jika chief cook tidak ditempat, maka pencatatan bisa dilakukan oleh supervisor atau captain
Anda juga bisa membaca : Sistem Audit di Restoran

Fungsi Buku Free

Dengan adanya Buku Free, maka :
  • Semua menu yang digratiskan terdokumentasi dengan rapi dan baik dalam buku free
  • Buku free bisa menjadi data akurat yang bisa digunakan sebagai bukti berapa banyak stock menu jual yang telah digratiskan secara bertanggung jawab
  • Jika suatu hari diadakan Audit, maka buku free dapat digunakan sebagai pengurang selisih selain transfer out dan spoiled. 
Di beberapa restoran, ada yang menyebut Buku Free dengan nama Buku Entertaint. Demikian artikel tentang pengertian dan fungsi buku free di restoran. Semoga bermanfaat.

Share this article to:

Artikel Menarik Lainnya

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.

Copyright © Restofocus | Powered by Blogger

Top