10/14/2015

Mengenal Bagian Penting Mesin Espresso dan Fungsinya

Dias Akhmad  |  at  10/14/2015  |   |  No comments

Seorang barista sudah tentu setiap harinya akan berkutat dengan mesin espresso. Dengan bantuan mesin inilah sang barista dapat menghasilkan single shot espresso yang nikmat untuk setiap pelanggan, Untuk itu, setiap crew barista harus mengetahui dengan baik apa saja bagian-bagian penting dari sebuah mesin espresso dan fungsinya. Di artikel ini pembaca akan saya ajak untuk mengenal beberapa bagian penting mesin espresso dan fungsinya. Selamat membaca.

Sebuah mesin  esspresso terdiri dari beberapa bagian penting dengan fungsinya masing-masing sebagai berikut :

1. Portafilter
Wadah atau tempat bubuk kopi yang akan diekstrak Portafilter harus berada pada suhu yang tepat pada saat ekstraksi, jadi sebaiknya jangan dilepas terlalu lama dari grouphead. Portafilter terdiri dari handle, basket, dan spouts.


2. Tamper
Berfungsi sebagai alat untuk melakukan tamping atau pemadatan bubuk kopi pada portafilter dengan cara menekannya dengan telapak tangan.


3. Group Head
Tempat dimana bubuk kopi pada portafilter yang telah di-tamping atau dipadatkan akan diekstrak dengan tekanan tinggi mesin espresso hingga menghasilkan shot espresso. Grouphead harus berada pada suhu yang tepat pada saat ekstraksi, itulah sebabnya kita harus membilasnya dengan air dari boiler bila mesin berada dalam keadaan idle dalam waktu yang cukup lama. Bagian bawah grouphead dikelilingi sekat berbahan karet (grouphead gasket), yang berfungsi untuk menutup grouphead dan portafilter rapat-rapat agar tekanan tidak keluar dari tempat yang tidak diinginkan. Karet penyekat ini adalah bagian paling rapuh dari mesin espresso. Biasanya kita harus menggantinya setiap setahun sekali.


4. Knockbox
Berfungsi sebagai penampung ampas dari bubuk kopi yang telah diekstrak pada portafilter. Knocbox dapat memudahkan pekerjaan barista dalam melepas atau membuang ampas bubuk kopi dengan cara mengetuk portafiler pada besi yang berada di tengah knockbox. Untuk lebih jelas, pembaca bisa melihat gambar di bawah ini.


5. Extraction Switch
Sebuah tombol yang berfungsi untuk memulai dan menghentikan ekstraksi. Pada mesin espresso otomatis, tombol ini bisa diprogram supaya ekstraksi bisa dihentikan setelah beberapa waktu tertentu. Sedangkan pada mesin espresso semi-otomatis, kita harus menekan tombol ini secara manual untuk memulai dan menghentikan ekstraksi.

Anda juga bisa membaca artikel : Espresso, Minuman Kopi Special dari Sang Barista

6. Steam Knob
Tombol untuk menghidupkan dan mematikan steam (uap panas) yang keluar dari steam wand. Biasanya tombol ini bisa diputar-putar untuk mengatur seberapa jumlah keluaran steam yang diinginkan

7. Steam Wand
Tangkai untuk mengeluarkan steam. Biasanya digunakan untuk frothing dan memanaskan atau membuihkan susu. Steam Wand merupakan bagian luar paling panas dari mesin espresso. Panasnya bisa mencapai lebih dari 100° C dalam keadaan tertentu. Untuk itu seorang barista harus sangat berhati-hati dengan bagian mesin espresso yang satu ini. Sedikit saja bersentuhan dengan kulit kita, maka kulit akan terbakar.

8. Drip Tray
Berupa saringan dari bahan stainless yang berfungsi seperti tempat sampah kopi yang tercecer dan penampung air.

Demikian artikel mengenal bagian penting mesin espresso dan fungsinya. Semoga bermanfaat.

Sumber gambar portafilter : Scott Schiller

Mengenal Bagian Penting Mesin Espresso dan Fungsinya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dias Akhmad

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.