Portal Lengkap Dunia Restoran, Konsultasi dan Training SDM Restoran

Jangan Lari dari Standar Resep, Kalau Tidak Mau Ini Terjadi !

Sebuah resep menu adalah sesuatu yang sangat penting untuk dijaga dan tak boleh dirubah sembarangan. Sebuah resep dibuat atau ditetapkan setelah melalui percobaan yang panjang untuk mendapatkan rasa, porsi dan bentuk penyajian menu yang didasarkan pada pertimbangan-pertimbangan tertentu. Jadi seharusnya seorang koki tidak boleh lari dari standar resep yang sudah ditetapkan.

Memang, sebuah resep menu bisa saja berubah dan itulah mengapa kita mengenal buku perubahan resep. Namun harus diingat bahwa merubah resep bukanlah perkara asal jadi atau berdasarkan ide instan atau inisiatif semata yang bisa merusak standar resep yang telah ditetapkan. Lalu apa yang terjadi jika seorang koki merubah resep atau lari dari standar resep yang telah ditetapkan?


Kita ambil contoh misalnya, sebuah restoran bernama Purnama 3 Restaurant memiliki menu favorite Sop Iga Sapi. Pada suatu hari, saat ada pesanan Sop Iga Sapi, seorang koki, dengan inisiatifnya merubah bumbu atau bahkan komposisi bahan dan menyajikannya kepada tamu restoran yang memesan menu Sop Iga Sapi. Jika tamu tersebut adalah salah satu pelanggan Purnama 3 Restaurant, maka pelanggan tersebut bisa saja complaint kenapa rasa dan komposisi bahannya berubah. Atau jika tamu tersebut merupakan pengunjung yang pertama kali datang, maka resep Sop Iga Sapi yang dibuat dengan inisiatif sang koki tadi terlalu beresiko untuk kelanjutan penjualan menu Sop Iga Sapi tersebut. Bisa saja tamu tersebut kemudian menyimpulkan bahwa menu Sop Iga Sapi di restoran itu tidak enak dan tak mau memesannya lagi di kemudian hari.

Biasanya di sebuah restoran, ada chef yang sudah membuat sebuah resep menu. Seharusnya semua koki yang bekerja di restoran tidak melakukan penyimpangan dari resep menu yang sudah ada dan selalu berkoordinasi dengan chef mengenai resep sebuah menu. 

Jikapun ada koki yang ingin menyampaikan perubahan resep yang menurutnya bagus untuk diterapkan, maka chef bisa mempelajarinya terlebih dahulu kelayakan usulan perubahan resep. Jadi jangan langsung lari dari standar resep.

Demikian artikel jangan lari dari standar resep, kalau tidak mau ini terjadi !. Semoga bermanfaat.

Share this article to:

Artikel Menarik Lainnya

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.

Copyright © Restofocus | Powered by Blogger

Top