10/15/2015

Fungsi Buffet Service di Restoran

Dias Akhmad  |  at  10/15/2015  |   |  No comments

Sudah banyak restoran yang menyediakan pelayanan makan dengan sistem buffet atau buffet service. Hal ini dikarenakan beberapa fungsi buffet yang cukup menguntungkan bagi operasional restoran dan tentu saja banyak disukai oleh konsumen yang menginginkan kecepatan dalam penyajian makanan dan minuman. Dalam artikel ini kita akan membahas fungsi buffet di restoran secara lengkap. Selamat membaca.

Berikut adalah beberapa fungsi buffet service di restoran :

1. Memberikan pilihan menu dengan harga ekonomis kepada pelanggan
Hal ini tentu saja disukai oleh konsumen atau pelanggan restoran. Dengan sistem buffet, pelanggan bisa lebih melakukan penghematan dibandingkan memesan menu dengan sistem a la carte yang harga per porsi nya relatif lebih mahal. Disamping ekonomis, menu buffet biasanya sudah disusun mulai dari menu pembuka hingga penutup. Jadi pelanggan tidak perlu lagi bingung atau terlalu lama memilih menu. Meski ekonomis, pihak restoran tetap mendapatkan laba yang cukup besar jika pemesanan menu buffet dalam jumlah banyak seperti untuk acara arisan,ulang tahun, seminar atau meeting.


Anda juga bisa membaca artikel : Pengertian Buffet Service

2. Efisiensi waktu dalam memasak
Chef atau koki tidak perlu memasak menu berulang-ulang seperti pada pelayanan dengan sistem a la carte sehingga lebih efisien dalam hal waktu. Penyajian menu buffet juga dapat lebih cepat sehingga pelanggan atau konsumen juga menyukainya.

3. Memberikan keleluasaan bagi tamu untuk memilih dan menentukan porsi sendiri
Setiap orang berbeda dalam porsi dan kesukaan makan. Dengan sistem buffet, semua tamu atau pelanggan restoran diberikan kebebasan untuk memilih menu yang terhidang di meja buffet serta menentukan porsi menu yang diinginkannya.

4. Bisa melayani pelanggan dalam jumlah banyak dengan cepat
Dengan sistem buffet, semua tamu akan mengambil makanan dan minuman yang disukainya di meja buffet sendiri. Sehingga pelayanan menjadi cepat dan praktis.

5. Meminimalkan jumlah pelayan atau waiter
Tidak seperti dalam sistem a la carte, untuk menghandle 1 meja buffet yang melayani sampai dengan 200 orang bisa dihandle oleh 3 orang waiter saja. Hal ini akan berbeda kondisinya jika memakai sistem a la carte. 200 orang tamu atau pelanggan yang datang bersamaan untuk makan dan minum, tidak akan bisa dihandle oleh 3 orang waiter bukan?.

Hal yang perlu diperhatikan oleh pihak restoran adalah jumlah minimal untuk pemesanan menu dengan layanan atau sistem buffet. Biasanya jumlah pemesanan minimal untuk dapat menggunakan layanan buffet adalah 20 pax. Namun demikian, silahkan anda tentukan sesuai dengan strategi bisnis restoran anda. 

Demikian artikel tentang fungsi buffet service di restoran. Semoga bermanfaat.

Fungsi Buffet Service di Restoran Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dias Akhmad

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.