10/06/2015

Cara Menyajikan Minuman di Meja Tamu

Dias Akhmad  |  at  10/06/2015  |   |  No comments

Di artikel ini kita akan membahas salah satu hal penting dalam service yaitu cara menyajikan minuman di meja tamu restoran. Cara menyajikan minuman penting untuk dipelajari untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti tumpah nya minuman atau menyajikan dengan cara yang kurang tepat sehingga tamu merasa tidak nyaman. Contohnya menyilangkan tangan di depan wajah tamu saat menyajikan minuman.

Berikut adalah langkah menyajikan minuman di meja tamu restoran :

1. Pakailah tray
Tray atau nampan sangat membantu ketika seorang waiter membawa minuman untuk disajikan di meja tamu. Sebelum memakai tray, pastikan bahwa tray tersebut dalam keadaan bersih dan kering agar tidak licin. Taruhlah gelas yang berisi minuman di tengah tray. Jika minuman yang dibawa jumlahnya banyak, maka susunlah berdempetan mulai dari tengah. Gelas minuman yang tersusun berdempetan atau bersentuhan akan membantu menguatkan posisi gelas di atas tray agar tidak terguling dan tumpah.

2. Ambil posisi di sebelah kanan tamu
Saat kita telah sampai di meja tamu, maka ambillah posisi di sebelah kanan tamu dan sajikan minuman dari sebelah kanan setiap tamu dengan mengucapkan kata permisi setiap kali menyajikan minuman di meja tamu. Kecuali misalnya terdapat penghalang seperti tiang yang menyebabkan waiter tidak bisa memposisikan diri di sebelah kanan tamu.

3. Letakkan gelas dengan perlahan
Berhati-hatilah saat meletakkan gelas di meja tamu. Lakukan secara perlahan agar jangan sampai menimbulkan bunyi benturan antara gelas dengan meja. 


4. Sebutkan nama minuman
Saat menyajikan minuman di meja  tamu, kita juga harus menyebutkan nama minuman yang disajikan untuk memberi tahu tamu bahwa item pesanan nya telah disajikan. Selain itu kadang tamu yang memesan tidak tahu seperti apa bentuk minuman yang dipesannya karena tidak ada gambar atau foto pada daftar menu.

5. Mempersilahkan 
Hal terakhir saat menyajikan minuman di meja tamu adalah dengan mempersilahkan tamu menikmati pesanan minumannya. 

Dengan cara menyajikan minuman yang baik, maka citra service juga akan menjadi baik dalam penilaian tamu restoran. Demikian artikel cara menyajikan minuman di meja tamu. Semoga bermanfaat.

Cara Menyajikan Minuman di Meja Tamu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dias Akhmad

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.