Portal Lengkap Dunia Restoran, Konsultasi dan Training SDM Restoran

Cara Greeting Seorang Waiter di Restoran

Greeting atau ucapan salam kepada tamu ditujukan sebagai penyambutan kepada tamu yang menandakan bahwa kita senang dengan kedatangan tamu ke restoran kita. Greeting merupakan langkah pertama dari langkah pelayanan standar di restoran. Jadi dalam kondisi bagaimanapun, seoran waiter harus berusaha agar semua tamu yang datang ke restoran mendapatkan salam atau greeting. Lalu bagaimana cara greeting seorang waiter di restoran?

Anda juga bisa membaca artikel : Langkah Pelayanan Standar di Restoran

Cara greeting seorang waiter berbeda-beda di setiap restoran. Namun semuanya mengacu pada ucapan salam standar, waktu dan nama restoran. Contohnya : "Selamat pagi. Selamat datang di restoran Sembilan Pelangi..".

Dalam melakukan greeting, ada juga yang mengucapkannya dengan diiringi bahasa tubuh. Misalnya dengan  merapatkan telapak tangan di depan dada seperti pada adat jawa dan sebagainya. Untuk hal ini, setiap restoran tentunya berusaha menciptakan gerakan atau bahasa tubuh tersendiri yang dilakukan berbarengan pada saat mengucapkan salam atau greeting kepada tamu restoran.


Kalimat atau ucapan salam dan gerakan tubuh yang dilakukan pada saat greeting, dimaksudkan untuk memberikan ciri khas penyambutan tamu sebuah restoran. Jadi, ucapan dan gerakan atau bahasa tubuh pada saat greeting bisa berbeda-beda antara satu restoran dengan restoran lainnya.

Yang perlu diperhatikan pada saat greeting adalah :

1. Sikap sopan
Ucapkanlah greeting dengan sikap sopan. Termasuk menjaga tatapan kita untuk tidak melihat secara berlebihan pada bagian tubuh atau wajah tamu.

2. Senyuman tulus
Berikanlah sebuah senyuman tulus saat mengucapkan greeting kepada tamu

3. Perhatikan waktu
Dalam hal ini, kita harus tau pembagian waktu yang tepat untuk kapan kita mengucapkan selamat pagi, selamat siang, selamat sore dan selamat malam. Berikut adalah pembagian waktu salam yang tepat :
  • 24.05 s/d 10.05 = selamat pagi
  • 10.06 s/d 15.05 = selamat siang
  • 15.06 s/d 18.05 = selamat sore
  • 18.06 s/d 24.00 = selamat malam
Pembagian waktu ini hanya berdasarkan pengalaman saya selama bekerja di beberapa restoran. Jika pembaca menemukan ada yang salah atau tidak tepat, mohon bisa beri tahu saya via komentar untuk saya perbaiki.


Demikian artikel cara greeting seorang waiter di restoran. Semoga bermanfaat.

An Internet Marketer, Resto Consultan, Owner and Writer of Restofocus.Com

Terima kasih telah membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.

Copyright © Restofocus | Powered by Blogger

Top