9/08/2015

Seragam Kerja, Identitas dan Citra Restoran

Dias Akhmad  |  at  9/08/2015  |   |  No comments

Seragam kerja karyawan restoran ternyata merupakan sebuah hal penting dalam pembentukan identitas dan citra restoran. Hal ini dikarenakan seragam kerja karyawan berhubungan dengan standar penampilan karyawan restoran itu sendiri. Setiap saat, pelanggan restoran akan melihat bagaimana standar penampilan karyawan restoran termasuk seragam kerja yang dipakainya.

Ada satu hal menarik yang saya temukan di sebuah restoran di pulau jawa bernama Pringsewu. Hal yang menarik perhatian saya adalah adanya tulisan di bagian belakang (punggung) baju seragam yang berbunyi " May i help you?" yang artinya kurang lebih "Boleh atau bisakah saya membantu anda?" atau dalam behasa yang lebih ringan " Apa yang bisa saya bantu untuk anda?".

Hal ini sangat menarik, kenapa? karena setiap orang akan serta merta membacanya dan meresapi maksudnya. Seolah dengan tulisan itu, sang waiter dan waitress yang memakainya menawarkan diri untuk setiap saat dapat membantu dan memenuhi apa yang diinginkan oleh pelanggan restoran.

Dari hal ini, seorang pelanggan dapat menemukan sebuah nilai (value) yang mempengaruhi penilaian pelanggan terhadap citra atau image restoran. Selain itu, bagi karyawan restoran tersebut juga sangat mungkin akan terngiang dalam hatinya akan bunyi tulisan yang ada di baju seragam nya. Sebuah komitmen yang menjadi identitas restoran.


Dalam hal ini saya ingin mengatakan bahwa seragam kerja adalah sebuah hal yang penting. Untuk itu perlu perhatian khusus dalam merancang atau men-design sebuah baju seragam yang nantinya akan dipakai oleh semua karyawan restoran. Pemilihan warna, penempatan logo restoran, slogan restoran dan sebagainya pada seragam kerja karyawan restoran adalah hal penting yang dapat menunjukan identitas restoran dan sekaligus membangun citra restoran.

Demikian artikel tentang seragam kerja, identitas dan citra perusahaan. Semoga bermanfaat.

Sumber gambar : Louis Allen

Seragam Kerja, Identitas dan Citra Restoran Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dias Akhmad

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.