Portal Lengkap Dunia Restoran, Konsultasi dan Training SDM Restoran

Semangat Hemat Listrik di Restoran

Salah satu biaya operasional restoran yang cukup besar adalah biaya listrik. Untuk itu sebagai pemilik restoran, kita harus sangat memperhatikan penggunaan listrik. Hal ini selain untuk menghemat pengeluaran atau biaya, juga untuk menanamkan kepedulian karyawan restoran akan penggunaan listrik.

Biasanya, setiap pagi saat melakukan persiapan atau prepare untuk buka restoran di pagi hari, waiter menyalakan kembali lampu-lampu di dinning hall agar mereka bisa bekerja dengan lebih baik. Dengan pencahayaan dari lampu, waiter dan waitress bisa menyapu dan mengepel lantai dengan bersih. Namun terkadang, mereka lupa untuk memadamkan kembali lampu-lampu padahal hari sudah mulai siang.

Dari contoh kejadian di atas, kita bisa memperkirakan bahwa akan banyak energi listrik yang dihabiskan dengan kurang efektif karena waiter dan waitress yang lupa mematikan kembali lampu listrik padahal hari sudah siang. Jika hal ini berlangsung terus menerus, maka sangat mungkin biaya listrik yang dikeluarkan akan menjadi sangat besar. Belum lagi jika ada yang sempat menghidupkan AC dan  juga lupa mematikannya.


Jika hal ini terjadi di restoran anda, maka langkah tepat adalah dengan segera memberikan teguran kepada Supervisor atau Captain Service untuk melakukan kontrol dengan lebih baik, termasuk kontrol penghematan listrik. Kita juga bisa meminta Supervisor untuk mengadakan meeting bersama seluruh karyawan dan mengingatkan betapa pentingnya sikap hemat listrik. Dengan penyampaian yang baik, diharapkan bisa membuat semua karyawan menjadi memilki semangat hemat listrik di restoran. 

Semangat hemat listrik di restoran kemudian bisa terus kita budayakan sehingga kita memiliki karyawan-karyawan yang memiliki kepedulian tinggi terhadap pengunaan listrik.

Selian dapat menghemat pengeluaran atau biaya listrik setiap bulan, semangat hemat listrik di restoran juga bisa membantu kita semua agar terhindar dari krisis listrik dan yang lebih penting yaitu membangun kesadaran dan kepedulian karyawan kita akan penggunaan listrik yang hemat dan tepat. Semoga bermanfaat.

Share this article to:

Artikel Menarik Lainnya

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.

Copyright © Restofocus | Powered by Blogger

Top