Portal Lengkap Dunia Restoran, Konsultasi dan Training SDM Restoran

Saran dan Motivasi Untuk Koki

Kondisi dan budaya kerja di setiap restoran adalah berbeda. Jika anda adalah seorang koki yang belum menemukan kenyamanan dalam bekerja, sangat mungkin dalam pikiran anda ada niat untuk berhenti dari pekerjaan anda (resign) dan mencari pekerjaan sebagai koki di restoran atau rumah makan lain.

Sebelum anda memutuskan untuk keluar dari restoran tempat anda bekerja sekarang, ada baiknya anda pertimbangkan dahulu hal-hal berikut ini :

1. Bekerja di tempat baru adalah berarti kembali memulai dari 0. Bahkan gaji anda mungkin menjadi lebih kecil atau lebih sedikit dari yang anda terima di tempat kerja yang sekarang.

2. Jika anda memutuskan keluar dan pindah kerja karena alasan ke-tidak-nyamanan, maka begitu juga di belahan bumi manapun. Akan selalu ada positif dan negatif di sebuah lingkungan kerja. Akan selalu ada orang-orang yang menyenangkan sekaligus orang-orang menyebalkan yang akan anda temui. Jadi, tak usah hiraukan hal negatif apapun yang membuat anda tak nyaman, fokuslah pada diri anda sendiri dan pekerjaan anda.

3. Jika anda memilih mundur dari pekerjaan anda sebagai seorang koki sementara banyak ilmu yang belum ada serap dan kuasai, maka anda sangat rugi karena telah menyia-nyiakan ilmu yang dapat anda pelajari. Ingat, keuntungan (advantage) tidak selalu berupa uang, tapi bisa berupa ilmu (pengetahuan) dan teman.


4. Jika anda telah mempelajari semua ilmu dan anda menjadi koki dengan wawasan luas, pengalaman dan skill yang bagus, maka saat anda melamar kerja di tempat baru, bukan lagi anda bertanya berapa gaji saya?, tetapi bahkan anda bisa menentukan berapa anda ingin dibayar atau digaji.

5. Jika anda telah membulatkan tekad untuk keluar dari pekerjaan anda yang sekarang, maka keluarlah dengan cara yang baik. Datang baik-baik, pergi pun dengan baik-baik. Dengan kesan baik yang ditinggalkan, anda bisa kembali sewaktu-waktu ke tempat kerja anda yang lama.

Teruslah belajar. Banyak hal di restoran yang bisa anda pelajari. Saat nanti anda telah tumbuh menjadi seorang koki yang hebat, banyak peluang yang bisa anda dapatkan. Entah dengan bekerja di restoran besar, atau bahkan memulai usaha anda sendiri. Semoga bermanfaat.

Share this article to:

Artikel Menarik Lainnya

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.

Copyright © Restofocus | Powered by Blogger

Top