9/29/2015

Restoran Sukses Selalu Memiliki Karyawan yang Ramah

Dias Akhmad  |  at  9/29/2015  |   |  No comments

Pernahkah anda berkunjung ke sebuah restoran yang pelayan atau waiter nya bersikap tidak ramah kepada anda? apa yang anda lakukan setelahnya? masihkah anda berpikir untuk datang kembali ke restoran itu suatu saat?.

Mari kita amati pernyataan berikut :
  • Pelayanannya ramah tapi masakannya kurang enak, jadi saya hanya kadang-kadang saja ke restoran itu.
  • Menu nya sih enak, tapi itu loh, waiter dan waitress nya, jutek nya minta ampun. Ogah deh balik lagi ke restoran itu.
  • Tempatnya nyaman dan bersih, masakannya biasa saja menurut saya, tapi pelayanannya yang cepat dan ramah yang selalu membuat saya ingin selalu mampir ke restoran itu jika saya lewat daerah itu.
  • Tempatnya oke, bersih. Menu nya komplit dan enak. Apalagi pelayanannya. Semua crew restoran itu sangat ramah. Pokoknya recomended deh.
  • Tempatnya bagus, cuma masakannya terlalu biasa. Pelayan nya jutek-jutek. Ya cuma buat tau aja restoran itu. Ga akan ke sana lagi.
Pernyataan di atas, adalah pernyataan-pernyataan pelanggan restoran yang sering saya baca di internet maupun mendengar dari cerita teman. Dengan membaca pernyataan di atas, kita bisa menarik kesimpulan bahwa ternyata sikap ramah dalam melayani tamu bisa memberikan dampak besar bagi kepuasan tamu. Bahkan sebuah restoran yang menu nya tidak begitu enak, masih tetap sering dikunjungi hanya karena pemilik dan karyawan restoran tersebut selalu bersikap ramah kepada para pelanggannya.


Jika kita mendengar ada sebuah restoran yang sukses, maka kita pasti bisa mendapati adanya keramahan dalam layanan restoran tersebut. Hal ini berarti bahwa restoran sukses selalu memiliki karyawan yang ramah.

Jadi, jika kita ingin agar restoran kita menjadi salah satu restoran sukses dan menjadi favorite pelanggan, maka jangan pernah lupakan keramahan kepada semua tamu restoran. Kita harus menanamkan kepada semua karyawan restoran kita akan pentingnya sikap ramah dalam melayani tamu restoran.

Dulu saat saya masih bekerja di sebuah restoran di pulau Jawa, pemilik atau owner restoran itu bahkan mengatakan : "Sebenarnya yang menggaji anda semua setiap bulan adalah tamu restoran. Bukan saya. Karena jika restoran ini menjadi sepi tamu, tidak ada yang makan di restoran ini, maka saya pun akan berhenti mempekerjakan anda semua lalu menutup restoran ini".

Perkataan beliau selalu saya ingat dan mengingatkan saya akan betapa pentingnya kualitas pelayanan terhadap pelanggan atau tamu restoran, dan salah satu dari kualitas pelayanan itu adalah keramahan. Demikian artikel restoran sukses selalu memiliki karyawan yang ramah. Semoga bermanfaat.

Restoran Sukses Selalu Memiliki Karyawan yang Ramah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dias Akhmad

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.