9/27/2015

Peran Rumah Produksi Dalam Standarisasi Menu di Restoran

Dias Akhmad  |  at  9/27/2015  |   |  No comments

Seiring dengan semakin banyaknya jumlah cabang serta bertambahnya jumlah varian menu yang dijual oleh sebuah restoran, biasanya akan menimbulkan sedikit banyak masalah terutama dalam hal standar rasa dan penyajian menu. Misalnya, akan banyak ditemukan tamu atau pelanggan restoran yang berkomentar bahwa menu Sayur Asam yang dijual di restoran Hijau cabang A rasa nya berbeda dengan Sayur Asam di restoran Hijau cabang B. Hal ini sangat mungkin dikarenakan belum adanya standarisasi menu di restoran Hijau tersebut. 

Untuk mengatasi masalah ini, sebuah restoran yang telah memiliki banyak cabang dan varian menu harus segera membuat standarisasi menu melalui pembuatan SOP (Standart Operational Procedure) menu dan pengadaan rumah produksi. Di artikel ini, kita akan lebih memfokuskan pembahasan pada peran rumah produksi dalam standarisasi menu di restoran. 

Rumah produksi atau ada juga yang menyebutnya dengan "Central Kitchen" adalah tempat dimana sebuah restoran memproduksi aneka "bumbu inti" berdasarkan resep yang telah di-standar-kan. Saya katakan bumbu inti karena setiap restoran memiliki racikan bumbu unik dan rahasia yang mampu memberikan cita rasa yang khas.


Tenaga-tenaga yang ada di rumah produksi adalah tenaga ahli dalam bidang product seperti chef dan chief cook dibantu beberapa karyawan lain dari divisi atau bagian product. Tugas mereka adalah menghasilkan bumbu inti seperti saus, sambal, atau kuah tertentu dan beberapa menu yang telah dibuat standar nya di restoran tempat mereka bekerja, misalnya keripik kentang, kentang goreng, ungkep ayam, porsian daging sapi dan lainnya.

Dari rumah produksi inilah kemudian bumbu inti dan item menu yang dianggap hanya boleh dibuat di rumah produksi kemudian didistribusikan ke semua cabang restoran. Dengan demikian setiap tamu atau pelanggan restoran yang makan di cabang restoran manapun akan menemukan rasa dan penyajian menu yang sama persis.

Demikian artikel tentang peran rumah produksi dalam standarisasi menu di restoran. Semoga bermanfaat.

Peran Rumah Produksi Dalam Standarisasi Menu di Restoran Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dias Akhmad

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.