Portal Lengkap Dunia Restoran, Konsultasi dan Training SDM Restoran

Pentingnya Sopan Santun Seorang Supervisor Restoran Dalam Berkomunikasi

Seorang supervisor restoran adalah orang yang dihormati sekaligus menjadi teladan bagi semua karyawan restoran. Setiap tindakan dan ucapannya selalu diperhatikan banyak orang, bahkan tidak hanya oleh karyawannya, tetapi juga tamu restoran, dan orang-orang yang yang berhubungan dengannya. Karena hal inilah sopan santun menjadi sangat penting baik dalam bertindak maupun berkomunikasi.

Suatu hari, saya mendapatkan sebuah pengaduan dari salah seorang supervisor bahwa ia tengah menghadapi sebuah masalah serius. Supervisor ini tengah dicari oleh seseorang yang marah dan sakit hati akibat ucapan sang supervisor tempo hari. Untuk meluapkan rasa kesalnya, sesorang itu menutup jalan ke restoran dengan memarkir banyak kendaraan menutupi jalan ke restoran. 

Dari contoh kasus di atas, yang terjadi tidak hanya sang supervisor yang mendapatkan masalah, tapi juga restoran tempat ia bekerja. Untuk itulah kita harus selalu menjaga etika dan sopan santun dalam berucap atau berkomunikasi.


Terlebih lagi, salah satu syarat untuk menjadi leader atau pemimpin yang baik adalah memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik. Tanpa kemampuan berkomunikasi dengan baik, maka seorang leader seperti supervisor, captain service dan lainnya, tidak akan bisa memberikan arahan atau bahkan instruksi dengan baik. Alih-alih bisa mengarahkan karyawan untuk melakukan sebuah pekerjaan dengan baik, dengan cara berkomunikasi yang tidak tepat, malah justru karyawan akan menjadi sakit hati dan memilih berhenti dari pekerjaannya.

Sopan santun dalam berkomunikasi adalah hal yang sangat penting. Karena itu, kita tak boleh sedikitpun mengabaikannya demi kebaikan kita dan pekerjaan kita. Semoga bermanfaat.

Share this article to:

Artikel Menarik Lainnya

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.

Copyright © Restofocus | Powered by Blogger

Top