9/29/2015

Penggunaan Check Tray di Restoran

Dias Akhmad  |  at  9/29/2015  |   |  No comments

Check tray adalah sebuah nampan kecil yang terbuat dari bahan kayu, plastik atau logam ringan yang berfungsi sebagai tempat menaruh uang pembayaran atau uang kembalian. Chek tray sangat berguna dalam memberikan kesan professionalisme dan etika pelayanan.

Check tray digunakan untuk membawa uang pembayaran dari tamu restoran dan untuk membawa uang kembalian tamu dari kasir. Check tray sendiri biasanya ditempatkan di meja kasir. Berikut adalah beberapa langkah penggunaan check tray di restoran : 


1. Saat pembayaran
Jika seorang tamu restoran memanggil seorang waiter untuk melakukan pembayaran, maka sang waiter kemudian akan pergi ke kasir untuk meminta bon atau struk. Waiter mengambil sebuah check tray di meja kasir kemudian menaruh struk dari kasir di atas check tray. Selanjutnya waiter akan menuju meja tamu dan menyampaikan nominal yang harus dibayar oleh tamu sambil meletakkan check tray bersisi struk di atas meja tamu secara perlahan.

2. Saat memberikan uang kembalian
Jika uang yang diberikan oleh tamu lebih dari jumlah yang harus dibayarkan, maka waiter kemudian menyebutkan nominal uang yang diberikan oleh tamu dan meminta tamu untuk menunggu kembaliannya. Contoh : "Maaf, uang nya Seratus Ribu ya pak, mohon ditunggu kembaliannya". Waiter kemudian akan menuju kasir. Uang kembalian dari kasir di taruh di atas check tray dan dibawa kembali ke meja tamu dan meletakkannya secara perlahan sambil menyampaikan nominal uang kembalian dan ucapan terima kasih. Contoh : "Permisi, kembaliannya Dua Puluh Lima Ribu ya Pak. Terima kasih..".

Dengan beberapa  langkah sederhana seperti di atas, kita bisa meningkatkan kualitas layanan restoran kita sehingga membuat tamu atau pelanggan restoran semakin menyukai restoran kita dan selalu menjadikan restoran kita sebagai pilihan utamanya. 

Demikian artikel penggunaan check tray di restoran. Semoga bermanfaat.

Penggunaan Check Tray di Restoran Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dias Akhmad

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.