Portal Lengkap Dunia Restoran, Konsultasi dan Training SDM Restoran

Langkah Awal Pembentukan Tim Marketing Restoran

Ada banyak restoran yang tumbuh berkembang dengan cukup sukses tanpa adanya tenaga marketing di dalamnya. Restoran-restoran tersebut berhasil eksis melalui kerja keras Owner atau pemiliknya yang bisa saja kala itu merangkap sebagai tenaga marketing yang menangani berbagai hal terkait strategi pemasaran restoran, mulai dari penerapan harga murah, pembuatan design menu board dan lain-lain. Namun seiring perkembangan waktu dan pertumbuhan restoran, sang Owner tidak akan bisa lagi menangani semua hal sendirian. Ia membutuhkan tim marketing yang tangguh yang dapat memenangkan persaingan bisnis restoran yang semakin ketat dari waktu ke waktu. Hingga kemudian harus dilakukan langkah awal pembentukan tim marketing restoran.


Lalu bagaimana langkah pembentukan tim marketing restoran yang tepat? berikut adalah beberapa langkah pembentukan tim marketing restoran yang bisa management restoran lakukan :

1. Rekrut tenaga marketing dari internal
Dalam hal ini, management bisa mengambil atau rekrut dari karyawan yang sudah ada yang sekiranya memiliki potensi untuk menjadi seorang marketing. Meskipun karyawan tersebut sebelumnya tidak memiliki basic atau dasar marketing, namun pengetahuan yang cukup akan restoran tempatnya bekerja baik mengenai menu, fasilitas dan sebagainya, akan menjadi kekuatan tersendiri baginya saat ia menjalankan tugas marketing. Yang diperlukan hanyalah beberapa seleksi dan pelatihan marketing. Hal ini membutuhkan proses yang cukup lama sekitar 3 sampai dengan 6 bulan. 

2. Rekrut Lead / Head marketing dari professional
Untuk memberikan pendampingan dan sekaligus pusat koordinasi tim marketing restoran nantinya, management restoran harus merekrut setidaknya satu orang professional yang benar-benar memiliki pengalaman atau jam terbang tinggi dalam bidang marketing restoran. Nantinya, sang professional akan difungsikan sebagai Lead / Head marketing restoran yang memberikan pendampingan bagi tim marketing yang baru dibentuk, sekaligus sebagai pusat koordinasi tim marketing yang mengatur berbagai urusan marketing restoran.

3. Melengkapi keperluan atau equipment marketing
Marketing restoran akan membutuhkan banyak perlengkapan yang diperlukan seperti rumusan atau proposal paket menu, brosur marketing, dan lain-lain. Management harus sigap memberikan support saat marketing membutuhkan.

4. Lakukan evaluasi 
Lakukan lah evaluasi 3 bulanan terhadap kinerja tim marketing. Evaluasi bisa dilakukan dalam forum seperti meeting marketing sehingga penyampaian evaluasi bisa dilakukan secara menyeluruh. Cost atau biaya marketing, pencapaian target, kendala di lapangan dan sebagianya harus di evaluasi untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Demikian artikel mengenai langkah awal pembentukan tim marketing restoran. Semoga bermanfaat.

Share this article to:

Artikel Menarik Lainnya

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.

Copyright © Restofocus | Powered by Blogger

Top