Portal Lengkap Dunia Restoran, Konsultasi dan Training SDM Restoran

Ilmu Waiter yang Wajib Dikuasai

Ada beberapa hal yang harus dikuasai oleh seorang waiter untuk menunjang kelancaran kerjanya. Beberapa hal tersebut kita sebut saja sebagai ilmu waiter yang wajib dikuasai. Mengapa saya katakan wajib?, karena tanpa ilmu waiter yang akan kita bahas di artikel ini, sangat mungkin seorang waiter akan menemui banyak kesulitan hingga mendapat complaint dari tamu restoran. Apa saja ilmu waiter yang wajib dikuasai tersebut?

Berikut adalah beberapa ilmu waiter yang wajib dikuasai :

1. Teknik membawa tray
Kemampuan membawa makanan dan minuman di atas tray (nampan/baki) adalah salah satu ilmu yang wajib dikuasai oleh seorang waiter. Jika kita masih menggunakan tangan untuk mengantar makanan dan minuman, maka lakukan lah latihan membawa tray secara bertahap. Teknik membawa tray biasanya diajarkan oleh head service atau captain service kepada para calon waiter dan waitress.


2. Product knowledge
Meskipun seorang waiter tidak bekerja di kicthen, namun ia juga harus menguasai product knowledge atau pengetahuan produk (menu). Minimal seorang waiter akan mampu menjelaskan apa saja bahan pokok dan rasa dari sebuah menu. Hal ini berguna untuk bisa menjelaskan kepada tamu restoran apabila ditanya mengenai bahan atau rasa suatu makanan dan minuman.

3. Bahasa Inggris
Bahasa inggris adalah bahasa internasional. Dengan bahasa inggris, seseorang yang tak mampu berbahasa Indonesia akan dapat menyampaikan maksudnya kepada kita. Untuk itu, sebagai waiter kita harus mampu berbahasa inggris meskipun sedikit. Dengan latihan setiap hari, bahasa inggris kita akan semakin baik seiring dengan bertambahnya kosa kata bahasa inggris yang kita kuasai.

Anda juga bisa membaca artikel : Taking Order Dalam Bahasa Inggris di Restoran

4. Menulis cepat dan rapi
Hal ini akan diperlukan pada saat taking order atau catat pesanan tamu restoran. Kita harus dapat menulis dengan cepat namun tetap rapi sehingga dapat dibaca dengan jelas. Salah satu hal yang harus kita ingat dalam penulisan di captain order (bon pesanan) adalah kita harus selalu menggunakan huruf kapital. Saat ini sudah banyak restoran yang mulai meninggalkan penggunaan captain order dan menggantinya dengan alat elektronik yang canggih. Namun demikian, kemampuan menulis dengan cepat dan rapi tetap diperlukan jika suatu waktu terjadi error atau trouble pada system alat elektronik.

5. Senyuman ramah
Point terakhir ini, adalah ilmu waiter yang juga penting. Tersenyum ramah itu butuh latihan. Tidak percaya?, cobalah ingat bagaimana saat anda pertama kali menyapa pelanggan dan melemparkan senyuman kepadanya. Ada hal yang aneh sehingga kita menjadi canggung untuk tersenyum kan? nah, itu karena kita belum terbiasa. Dan kita bisa melatih diri kita untuk selalu memberikan senyuman ramah kepada semua tamu restoran. Ingat ya, senyum itu tidak hanya menyejukkan bagi yang memandangnya, tapi juga membahagiakan bagi pemberinya.

Anda juga bisa membaca artikel : Waiter itu Tak Pernah Lelah Tersenyum Ramah

Itulah beberapa ilmu waiter yang wajib dikuasai untuk memperlancar operasional seorang waiter di restoran. Semoga bermanfaat.

Share this article to:

Artikel Menarik Lainnya

2 komentar

Kebetulan saya sedang ditugaskan Audit salah satu CAFE, artikelnya sangat membantu. Terima kasih

Sama-sama mas Henri Lee. Terima kasih sudah berkunjung ke Restofocus :)

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.

Copyright © Restofocus | Powered by Blogger

Top