9/02/2015

Fungsi Checklist Kebersihan Toilet Restoran

Dias Akhmad  |  at  9/02/2015  |   |  No comments

Suatu kali saya menegur salah seorang supervisor saya mengenai tidak ada nya checklist kebersihan toilet yang tempo hari saya instruksikan kepada sang supervisor untuk di pasang di dinding luar toilet. Lalu apa jawaban supervisor tersebut?, "maaf pak, untuk kebersihan toilet itu kan sudah jadi pekerjaan rutin pak, jadi kami tidak memerlukan checklist lagi".

Dari jawaban ini saya menjadi sadar betapa kurangnya pengetahuan supervisor saya ini akan pentingnya sebuah checklist. Untuk itu saya merasa perlu menuliskan mengenai fungsi checklist kebersihan toilet restoran di website ini agar kiranya juga bisa menjadi tambahan wawasan dan berbagi ilmu untuk kita semua.


Berikut adalah fungsi checklist kebersihan toilet restoran :

1. Memberikan instruksi tepat dan cepat
Dengan adanya checklist kebersihan toilet, maka supervisor bisa memberikan instruksi tepat dan cepat kepada crew mengenai bagian toilet mana saja yang harus dibersihkan.

2. Mengetahui siapa crew atau petugas yang membersihkan
Setiap kali selesai membersihkan toilet, maka crew atau petugas yang membersihkan toilet harus membubuhkan nama dan tanda tangan. Hal ini untuk memudahkan supervisor melakukan kontrol mengenai siapa yang bertanggung jawab pada hari itu soal kebersihan toilet. Jika ditemukan hal yang tidak beres, maka supervisor bisa segera memanggil petugas atau crew bersangkutan. Hal ini juga mengajarkan bagaimana bertanggung jawab terhadap pekerjaan dengan melakukan pekerjaan dengan baik dan maksimal kepada crew bersangkutan.

3. Mengetahui kapan waktu toilet dibersihkan
Checklist juga harus menyertakan waktu pengerjaan. Fungsinya adalah memberikan kita informasi mengenai kapan terakhir kali toilet dibersihkan oleh seorang crew. Ingat, data adalah fakta. Crew tidak dapat berbohong dengan adanya data waktu pada checklist. Idealnya sebuah toilet restoran harus dibersihkan minimal setiap dua jam sekali.

4. Checklist membentuk budaya kerja positif
Dengan adanya checklist, maka crew atau karyawan restoran akan terbiasa melakukan pekerjaan dengan mengacu kepada checklist yang telah disusun dengan baik sehingga tidak ada bagian yang tertinggal atau terlupakan. Dengan demikian, secara perlahan semua karyawan akan memiliki budaya kerja disiplin yang positif.

Anda juga bisa membaca artikel : Pentingnya Himbauan Kebersihan di Kamar Mandi Restoran

Itulah beberapa fungsi checklist kebersihan toilet restoran yang bisa saya tuliskan. Semoga bermanfaat.

Fungsi Checklist Kebersihan Toilet Restoran Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dias Akhmad

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.