Portal Lengkap Dunia Restoran, Konsultasi dan Training SDM Restoran

Berapa Suhu Dingin Terbaik Untuk Ice Cream?

Saat ini mulai banyak restoran yang menyediakan menu ice cream untuk menarik minat konsumen. Hal ini cukup beralasan mengingat mayoritas masyarakat di Indonesia menyukai ice cream, mulai dari anak kecil, tua maupun muda. Jelasnya menu ice cream termasuk salah satu menu yang mampu menarik konsumen untuk datang ke restoran. Nilai plus nya adalah konsumen tidak harus pergi ke tempat penjualan ice cream lagi, karena saat mereka makan dan minum di restoran, mereka juga bisa memesan ice cream yang lezat.

Tantangan selanjutnya bagi restoran-restoran yang menyediakan menu ice cream adalah bagaimana mereka mampu menyediakan dan mempertahankan kualitas ice cream. Sampai saat ini, sejauh pengetahuan saya, masih sedikit restoran yang memproduksi atau membuat ice cream sendiri. Kebanyakan dari mereka membeli dari perusahaan penghasil ice cream dan menyetoknya.


Masalah yang timbul kemudian adalah pada proses penyetokan ice cream. Banyak terjadi kesalahan dalam penyimpanan ice cream di freezer. Terkadang ice cream menjadi terlalu beku dan seperti berpasir (ber-textur kasar), dan terkadang yang lebih parah adalah ice cream mencair karena pengaturan suhu yang tidak tepat. Lalu berapa suhu dingin terbaik untuk ice cream?

Berdasarkan pengalaman saya, suhu terbaik untuk menyimpan ice cream di freezer adalah antara -12 (minus dua belas) sampai dengan -16 (minus enam belas) derajat Celcius. Namun demikian jika anda menggunakan merk ice cream yang tidak sama dengan yang saya pakai, maka bisa saja hasilnya berbeda. Untuk itu anda bisa mencoba nya dengan sedikit ice cream dan lihat bagaimana hasilnya. Bisa juga anda meminta rekomendasi kepada perusahaan ice cream tersebut mengenai suhu yang disarankan untuk menyimpan ice cream.

Anda juga bisa membaca artikel : Cara Membersihkan Freezer dari Bunga Es Dengan Benar

Hal lain yang perlu diperhatikan selain suhu dalam masalah penyimpanan ice cream adalah kebersihan freezer itu sendiri. Sedikit saja ada kotoran atau bau, maka kualitas ice cream bisa menurun karena kontaminasi. 

Demikian artikel berapa suhu dingin terbaik untuk ice cream. Semoga bermanfaat.

Share this article to:

Artikel Menarik Lainnya

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.

Copyright © Restofocus | Powered by Blogger

Top