Portal Lengkap Dunia Restoran, Konsultasi dan Training SDM Restoran

Pentingnya Sikap Melayani Pelanggan Restoran

Semua pelanggan restoran, tidak akan mau tau dan peduli dengan apa pun suasana atau kondisi perasaan anda, apakah anda sedang bersedih, banyak masalah atau dalam keadaan capai. Yang ada dalam benak pelanggan adalah mereka datang ke restoran anda untuk mendapatkan makanan yang bersih dan enak serta pelayanan yang baik, ramah dan menyenangkan.

Bersikap ramah dan menyenangkan kepada orang lain bukanlah hal mudah. Perlu latihan dan komitmen besar untuk terus berusaha melayani pelanggan restoran dengan baik. Semua karyawan restoran termasuk owner restoran, harus memahami dan menyadari betapa pentingnya sikap melayani pelanggan restoran.

Tanpa sikap melayani pelanggan, sebuah restoran yang di design indah, dengan menu yang lezat, perlatan saji dan perabot yang mahal, tidak akan ada gunanya sama sekali. Kenapa demikian? 



Saya bisa menjawabnya dengan sebuah pertanyaan. Bagaimana jika suatu hari anda masuk ke sebuah restoran yang indah dan megah, menu makanan dan minumannya sangat enak, peralatan saji dan furniture nya di import dari luar negeri dengan biaya mahal, namun, waiter dan waitress nya cuek dan angkuh kepada anda? apa yang anda rasakan saat itu?

Ya, saya yakin, anda sangat ingin segera selesai makan, membayar dan segera pergi dari restoran itu. Dalam hati anda mungkin akan berkata : "saya tidak akan mau ke restoran ini lagi". Sesampainya di rumah, sangat mungkin anda akan bercerita kepada keluarga anda  tentang buruknya pelayanan di restoran itu. Suatu hari, di tempat kerja, saat ada teman kerja yang mengajak anda untuk makan di restoran tersebut, anda akan segera menyampaikan bahwa anda tidak merekomendasikan restoran itu karena pengalaman buruk anda.

Jadi, berapa kemungkinan restoran itu kehilangan pelanggan dan calon pembeli barunya? jawabannya sangat banyak. Jadi, kita bisa sepakat di sini bahwa sikap melayani pelanggan adalah hal yang sangat penting. Sikap melayani seperti memberi salam, mempersilahkan dengan sopan, menanyakan apa lagi yang dibutuhkan hingga mengantarnya pulang sampai ke pintu mobil adalah wujud atau bentuk sikap melayani pelanggan restoran yang harus dimiliki semua karyawan dan pemilik restoran.

Pelanggan adalah yang terpenting dalam segala macam bisnis termasuk bisnis atau usaha restoran. Kerendahan hati, ketulusan dan sikap melayani pelanggan adalah sebuah roh pelayanan yang mampu menyentuh hati pelanggan. Dan dengan cara inilah banyak pelanggan loyal bisa didapatkan. 

Demikian artikel mengenai pentingnya sikap melayani pelanggan restoran. Semoga bermanfaat.

Share this article to:

Artikel Menarik Lainnya

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.

Copyright © Restofocus | Powered by Blogger

Top