8/31/2015

3 Complaint Tamu yang Paling Sering Terjadi di Restoran dengan Sistem Prasmanan

Dias Akhmad  |  at  8/31/2015  |   |  No comments

Salah satu hal yang menjadi kelebihan dari sistem prasmanan atau buffet adalah kecepatan dalam penyajian makanan. Namun demikian ada juga kekurangan dari sistem prasmanan yang bisa menjadi pemicu terjadinya complaint tamu restoran. Apa saja kiranya yang bisa menjadi pemicu atau penyebab terjadinya complaint tamu untuk restoran dengan sistem prasmanan?


Berikut adalah 3 hal yang paling sering menjadi pemicu complaint tamu pada restoran dengan sistem prasmanan :

1. Menu dingin
Pada restoran dengan sistem prasmanan, semua menu makanan mulai dari ikan goreng dan lainnya telah di pajang dengan menarik sedari pagi. Namun saat tidak ada pembeli atau customer, seringkali crew restoran lupa untuk menghangatkan menu-menu yang sudah siap saji tersebut. Akibatnya, saat ada tamu atau pelanggan restoran yang kemudian mengambil menu tersebut, pelanggan itu akan complaint karena menu yang ia dapatkan sudah dingin.

Solusi : selalu tawarkan kepada pelanggan untuk memanaskan menu yang dipesan

2. Banyak lalat
Sebenarnya masalah lalat tidak hanya terjadi pada restoran yang menggunakan sistem buffet atau prasmanan. Namun karena pada sistem prasmanan makanan dan minuman dipajang pada satu meja panjang, maka lalat akan berpusat di sekitar area buffet sehingga terkesan lalat tampak lebih banyak. 

Solusi : tempatkan lilin di sepanjang area buffet untuk mengusir lalat

Anda juga bisa membaca artikel : Tips Mengusir Lalat di Restoran

3. Antrian panjang
Antrian yang panjang pada sistem prasmanan seringkali membuat banyak tamu complaint dan akhirnya memilih untuk pergi. Penyebab terjadinya antrian panjang sendiri bermacam-macam, mulai dari habisnya peralatan makan seperti piring dan sendok, habisnya nasi hingga kurang terampilnya kasir dalam melakukan transaksi.

Solusi : buatlah 2 meja buffet atau prasmanan sehingga tamu tidak terpusat pada satu buffet saja yang menimbulkan antrian panjang. Selain itu, persediaan peralatan juga harus sangat diperhitungkan, jangan sampai kehabisan peralatan makan atau peralatan saji di saat ramai pengunjung. Hal yang sama juga berlaku untuk stock makanan seperti nasi putih dan lain-lain. Untuk kasir yang masih belajar meng-handle transaksi pada sistem buffet sebaiknya mendapatkan pendampingan dari kasir senior.

Itulah 3 Complaint Tamu yang Paling Sering Terjadi di Restoran dengan Sistem Prasmanan. Semoga bermanfaat.

3 Complaint Tamu yang Paling Sering Terjadi di Restoran dengan Sistem Prasmanan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dias Akhmad

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.