7/08/2015

Pengertian Ready Plate Service

Dias Akhmad  |  at  7/08/2015  |   |  No comments

Ready plate service atau dikenal juga dengan sebuatan American service adalah salah satu jenis pelayanan yang praktis, sederhana dan cepat dimana makanan telah diporsikan oleh chef atau koki di kitchen dan dibawa oleh waiter dengan menggunakan tray (baki) ke sideboard (meja persediaan) untuk kemudian dihidangkan ke meja tamu restoran dengan menggunakan tangan.

Disebut juga dengan American service karena jenis pelayanan ini berasal dari Amerika yang terkenal mengutamakan kecepatan dan sifat praktis.

Cara atau tahapan pelayanan dengan sistem ready plate service :

1. Menu atau makanan diporsi dan diberi garnish oleh chef atau koki di kitchen kemudian dibawa oleh waiter dengan menggunakan tray (baki) dan ditaruh di sideboard (meja persediaan). Dalam hal ini sidebord berfungsi sebagai tempat transit makanan dan minuman sebelum disajikan ke meja tamu.

2. Semua makanan dan minuman disajikan dari sebelah kanan tamu dengan menggunakan  tangan kanan



3. Membawa makanan dari sideboard ke meja tamu dilakukan dengan tangan atau tanpa tray dengan kemampuan membawa piring mulai dari 1 hingga 4 piring. Untuk minuman diperbolehkan menggunakan tray.

4. Jika diperlukan untuk melakukan crumbing down, maka waiter diharuskan melakukan crumbing down dengan cepat dan hati-hati.

Anda juga bisa membaca artikel :  pengertian dan cara crumbing down

Demikian artikel tentang pengertian ready plate service. Semoga bermanfaat.

Pengertian Ready Plate Service Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dias Akhmad

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.