Portal Lengkap Dunia Restoran, Konsultasi dan Training SDM Restoran

9 Hal Penting Tentang Kesehatan dan Kebersihan yang Harus Diperhatikan Oleh Koki

Sebagaimana waiter dan waitress yang harus menjaga standar penampilan, seorang koki di area kitchen juga diharuskan untuk memperhatikan beberapa hal penting mengenai kesehatan dan kebersihan diri. Koki yang professional akan selalu tampil dengan fresh dan bersih bukan? nah, sekarang kita akan membahas mengenai 9 hal penting tentang kesehatan dan kebersihan yang harus diperhatikan oleh koki.

Berikut adalah 9 hal penting tentang kesehatan dan kebersihan yang harus diperhatikan oleh koki :

1. Kondisi tubuh harus sehat
Setiap koki yang bekerja haruslah dalam keadaan sehat sehingga bisa bekerja dengan optimal dan semangat. selain itu, koki yang memasak menu dalam kondisi sakit dapat menyebarkan penyakitnya melalui menu yang dimasaknya. Jika kemudian karena suatu hal koki harus tetap bekerja dalam keadaan sakit, maka koki diwajibkan memakai masker.

2. Perhatikan kebersihan fisik
Koki harus memperhatikan kebersihan kuku dengan memotongnya pendek serta membersihkan kotoran yang ada di sela-selanya, selain itu, mulut, hidung, telinga dan rambut juga harus selalu bersih.

3. Gunakan penutup rambut
Untuk menghindari terlepasnya helai rambut koki ke menu yang dimasaknya, maka koki harus menggunakan penutup rambut seperti topi koki, sal atau jilbab.



Anda juga bisa membaca artikel : Rambut di Nasi Putih

4. Menggunakan sarung tangan saat menyajikan menu
Gunakanlah sarung tangan berbahan plastik saat menyajikan atau menata menu.

5. Dilarang merokok saat memasak
Pantang bagi seorang koki untuk merokok di saat ia sedang memasak atau mengolah menu. Puntung rokok bisa terjatuh ke dalam menu dan mengkontaminasi menu yang berakibat buruk bagi konsumen. 

6. Area kitchen harus selalu dijaga kebersihannya.
Pada saat tutup atau closing restoran, maka area kitchen harus selalu dibersihkan.

7. Kebersihan alat memasak dan alat saji
Seperti halnya area kitchen, semua peralatan memasak dan alat saji seperti piring, mangkuk dan lainnya harus selalu dibersihkan saat tutup atau closing restoran agar siap digunakan kembali keesokan harinya.

8. Kebersihan bahan masakan juga penting
Cuci bersih semua bahan masakan seperti daging dan sayur-sayuran. Periksa dengan teliti jangan sampai ada ulat pada sayuran atau kerikil pada beras.

9. Selalu gunakan pakaian kerja yang bersih
Pakaian kerja yang bersih akan membuat suasana hati nyaman dan menyenangkan sehingga semua koki bisa bekerja dengan penuh semangat. Coba anda bayangkan jika ada dari salah satu teman kerja kita yang pakaiannya jorok dan berbau tak sedap. Tentu akan membuat suasana kerja menjadi tidak nyaman bukan?

Itulah 9 hal penting tentang kesehatan dan kebersihan yang harus diperhatikan oleh koki. Semoga bermanfaat.

Share this article to:

Artikel Menarik Lainnya

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.

Copyright © Restofocus | Powered by Blogger

Top