7/03/2015

4 Kategori Complaint dan Contohnya

Dias Akhmad  |  at  7/03/2015  |   |  No comments

Keberhasilan sebuah restoran tidak terlepas dari keseriusan menangani keluhan atau complaint pelanggan atau tamu restoran. Untuk itu pihak restoran terutama supervisor dan crew service harus mengetahui apa saja yang dikategorikan sebagai complaint yang sangat besar, complaint besar, complaint sedang, dan complaint ringan. Dalam artikel ini saya akan menuliskan juga contoh dari kategori complaint tersebut.

Berikut adalah 4 kategori complaint dan contohnya :

1. Complaint sangat besar
Contoh dari complaint atau komplen yang sangat besar antara lain : tamu mengalami keracunan makanan dan minuman, tamu mengalami kecelakaan fisik yang disebabkan bukan dari kesalahannya, terjadi tindak kekerasan oleh petugas atau crew restoran dalam memberikan pelayanan kepada tamu.


2. Complaint besar
Contoh complaint atau keluhan tamu kategori besar antara lain : waiter menumpahkan seluruh makanan atau minuman dan mengenai  tamu, waiter mengganti pesanan tamu tanpa konfirmasi sebelumnya kepada tamu, waiter menjawab permintaan atau pesanan atau pertanyaan tamu dengan bahasa non verbal sehingga tamu merasa tersinggung, terdapat benda atau sesuatu pada makanan atau minuman yang membahayakan kesehatan tamu.

3. Complaint sedang
Contoh dari kategori complaint sedang antara lain : pada saat penyajian, waiter menggunakan peralatan yang tidak bersih, waktu penyajian yang lama hingga lebih dari 30 menit, banyaknya lalat yang mengganggu kenyamanan tamu saat makan dan minum, makanan yang disajikan berbau anyir/amis, busuk, rusak, mentah atau gosong.

Anda juga bisa membaca artikel : Cara Mengusir Lalat di Restoran

4. Complaint ringan
Contoh kasus dari complaint dengan kategori ringan antara lain : masakan atau minuman terlalu asam atau kecut, terlalu manis/pahit, kurang manis/pahit, kurang kental, telalu encer/cair, terlalu pedas atau kurang pedas, terlalu asin atau kurang asin, waiter atau kasir kurang ramah, toilet kurang bersih.

Anda juga bisa membaca artikel : Cara Mengatasi Complaint di Restoran

Itulah 4 kategori complaint dan contohnya. Dengan mengetahui kategori complaint, kita bisa menentukan langkah apa yang tepat dalam menangani atau memberikan solusinya. Semoga bermanfaat.

4 Kategori Complaint dan Contohnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dias Akhmad

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.