--> Skip to main content

Pengertian dan Fungsi Sidestand

Bagi pembaca Restofocus.com yang bekerja di f&b service, tentu sudah tidak asing dengan istilah atau kata sidestand. Namun ternyata, ada banyak dari kita yang salah dalam menuliskannya yaitu dengan memisahkannya menjadi dua buah kata = side dan stand, sehingga di tulis "side stand" yang tidak memiliki arti sama sekali. Penulisan yang benar adalah dengan menggabungkannya yaitu "sidestand". Hal ini dikarenakan sidestand adalah sebuah kata dan bukan dua buah kata. 

Apa pengertian sidestand?

Sidestand atau disebut juga sideboard adalah sebuah meja yang memiliki beberapa rak dan laci yang ditempatkan di dekat atau di sisi (side) ruang makan restoran yang berfungsi untuk memperlancar pelayanan waiter dan waitress.


Apa fungsi sidestand?

Berikut adalah beberapa fungsi sidestand :

1. Menyimpan stock alat saji
Waiter bisa menyimpan peralatan saji seperti piring, gelas, sendok, garpu, knife dan lainnya di satu rak atau laci tertentu pada sidestand.

2. Menyimpan stock equipment service
Lilin, toothpick, ashtray juga bisa ditempatkan di sidestand.

3. Menyimpan stock bumbu siap pakai
Saos, kecap, lada, dan garam bisa ditempatkan pada salah satu rak yang ada di sidestand

4. Menyimpan linen
Linen adalah perlengkapan meja makan yang terbuat dari kain, baik yang dipergunakan untuk menutup meja makan maupun untuk keperluan lain. Contoh linen adalah table cloth, slip cloth, napkin, moulton dan lainnya. Waiter bisa menggunakan sidestand untuk menyimpan linen.

5. Meletakkan piring kotor
Saat waiter melakukan crumbing down, maka waiter bisa menggunakan sidestand sebagai tempat sementara untuk meletakkan piring kotor sebelum dibawa ke pantry atau diswasher.

Demikian artikel mengenai pengertian dan fungsi sidestand. Semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda. Komentar yang berisi tautan dan hal-hal yang terkait SARA tidak akan ditampilkan.
Buka Komentar
Tutup Komentar