6/02/2015

Mengatasi Perselisihan Karyawan Dengan Owner

Dias Akhmad  |  at  6/02/2015  |   |  No comments

Karyawan adalah orang yang bekerja di suatu perusahaan untuk mendapatkan imbalan berupa gaji atau kesejahteraan. Namun bagaimana jika karyawan tersebut mengalami masalah dengan pemilik atau owner perusahaan tersebut? haruskah jalan satu-satunya adalah karyawan bersangkutan mengundurkan diri dari pekerjaannya? 

Perselisihan bisa terjadi antara siapa saja, dan biasanya perselisihan bermula karena ada dari salah satu pihak yang merasa dirugikan, tidak dihargai, atau hal tidak menyenangkan lainnya. Seyogyanya, perselisihan bisa diatasi dengan kebesaran jiwa untuk saling meminta maaf dan lebih memperhatikan kepentingan dan harga diri orang lain termasuk karyawan perusahaan atau restoran kita.

Terkadang ada owner yang mengkritik bahkan memarahi karyawan secara berlebihan yang kemudian berujung pada  rasa kesal karyawan diperlakukan dengan buruk meskipun ia adalah bos nya sendiri. Lalu bagaimana cara mengatasi perselisihan yang mungkin terjadi antara karyawan dan owner?



Berikut adalah hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi perselisihan karyawan dengan owner :

1. Meminta bantuan HRD sebagai penengah
Owner atau karyawan bisa meminta bantuan HRD untuk menjadi penengah perselisihan. Selanjutnya HRD akan melakukan evaluasi hal yang menjadi pokok permasalahan antara karyawan dengan owner.

2. Mengedepankan cara kekeluargaan
Cara kekeluargaan haruslah menjadi pilihan utama dengan semangat solusi untuk menyelesaikan masalah. Buanglah ego masing-masing. Tak usah pikirkan poisisi atau jabatan, tapi pandanglah sebagai sesama manusia yang memiliki derajat, harkat dan martabat yang sama.

3. Saling menahan diri
Jika kemudian masalah bisa diselesaikan dengan cara kekeluargaan, maka ke depannya, pihak yang berselisih harus mengambil pelajaran dari apa yang sudah terjadi. Sikap menahan diri adalah hal yang paling utama dilakukan saat kita berhadapan dengan orang lain.

4. Bangun komunikasi yang baik
Bangunlah komunikasi dua arah yang baik. Bukan hanya kita yang ingin didengar oleh orang lain, orang lain juga ingin didengar ucapan dan pendapatnya oleh kita. Jadi bangunlah komunikasi yang baik dengan siapapun.

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan dalam mengatasi perselisihan antara karyawan dengan owner. Semoga bermanfaat.

Mengatasi Perselisihan Karyawan Dengan Owner Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dias Akhmad

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.