Portal Lengkap Dunia Restoran, Konsultasi dan Training SDM Restoran

4 Alasan Kenapa Gaji Crew Kitchen Lebih Besar Dari Gaji Crew Service

Sangat sering kita dapatkan dimana sebuah restoran memberikan gaji yang lebih besar kepada crew kitchen nya dibandingkan gaji yang diberikan kepada crew service. Hal ini tentu bukan tanpa alasan. Ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan kenapa gaji seorang kepala koki atau chief cook terkadang jauh lebih besar daripada gaji seorang supervisor atau manager cabang.

Berikut adalah 4 alasan kenapa gaji crew kitchen lebih besar dari gaji crew service :

1. Mempelajari skill memasak lebih sulit dari mempelajari skill service
Belajar memasak di kitchen jauh lebih sulit daripada mempelajari skill dalam service. Hal ini tentu menjadi pertimbangan pertama kenapa gaji crew kitchen seperti koki lebih besar dari gaji seorang waiter.

2. Membuat menu adalah hal khusus, Memberikan pelayanan adalah hal umum
Jika seseorang pernah bekerja di sebuah restoran atau cafe sebagai seorang waiter kemudian keluar dan kembali bekerja sebagai waiter di restoran yang lain, maka ia tidak akan begitu sulit menyesuaikan diri dengan pekerjaannya. Hal ini dikarenakan pelayanan atau service bersifat umum, misalnya bagaimana melayani tamu yang baik dan teknis pelayanan lainnya tidak akan jauh berbeda antara satu restoran dengan restoran lainnya. Berbeda halnya dengan hal memasak atau membuat menu. Jika seseorang pernah bekerja di sebuah restoran sebagai koki dan kemudian memutuskan keluar dan bekerja lagi di restoran lain yang menu nya berbeda, maka ia akan kembali belajar dari awal mengenai menu tersebut sesuai dengan standar resep yang ada.


3. Di kitchen itu panas dan beresiko
Para koki bekerja dengan suhu yang panas serta berbagai kemungkinan resiko seperti percikan minyak panas, tersiram air panas, hingga kompor yang terbakar.

Anda juga bisa membaca artikel : 5 Pemicu Kebakaran di Kitchen Restoran

4. Tenaga yang lebih banyak
Tenaga yang diperlukan di kitchen relatif lebih besar daripada di service, dibutuhkan keceptan dan ketangkasan. Terkadang seorang koki harus bekerja dengan keringat yang bercucuran, selain karena suhu yang panas, juga karena ia mengeluarkan banyak tenaga.

Itulah 4 alasan kenapa gaji crew kitchen lebih besar dari gaji crew service. Dalam hal ini, saya tidak mengatakan bahwa divisi kitchen lebih penting dari divisi service. Sama sekali tidak. Dua-dua nya sama pentingnya. Yang saya uraikan dalam artikel ini hanyalah pendapat pribadi saya mengenai kenapa gaji karyawan kicthen seperti koki lebih besar dari gaji crew service seperti waiter. Jika ada dari pembaca Restofocus.com yang mempunyai pendapat lain, silahkan untuk menuliskannya di kolom komentar sehingga kita bisa berbagi pengetahuan atau sekedar sharing informasi. Semoga bermanfaat.

Share this article to:

Artikel Menarik Lainnya

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di Restofocus.Com. Silahkan tinggalkan komentar Anda. Komentar berisi link, promosi produk dan SARA tidak akan ditampilkan.

Copyright © Restofocus | Powered by Blogger

Top