--> Skip to main content

Tugas Aboyer yang digantikan Oleh Printer

Selain waiter, koki, cashier, dan busboy, ada satu lagi posisi kerja di restoran yaitu aboyer. Aboyer bertugas membantu menyampaikan informasi pesanan dari service ke kitchen. Jadi aboyer berperan sebagai koordinator antara waiter dan koki agar tidak ada pesanan yang salah atau terlewatkan. Namun seiring berjalannya waktu dan berkembang pesatnya teknologi, tugas aboyer mulai digantikan oleh sebuah printer. Bagaimana bisa tugas aboyer digantikan dengan sebuah printer? simak penjelasannya.

Bagaiman sebuah printer bisa menggantikan posisi aboyer?
Dewasa ini teknologi komputer telah menggunakan sistem LAN (local area connection), dimana komputer kasir dihubungkan dengan beberapa printer pencetak struk pesanan. Area dimana printer ditempatkan tersebut adalah di kasir, area barista, dan area kitchen. 


Cara kerjanya adalah sebagai berikut :

1. Kasir meng-input data pesanan ke komputer kasir atau lebih dikenal dengan POS (point of sale)
2. Saat kasir selesai menginput data pesanan dan menekan menu Ok atau Enter, maka secara otomatis komputer mengirimkan perintah kepada semua printer untuk mencetak pesanan.
3. Ketiga printer yang berada di area kasir, barista,dan kitchen secara serentak mencetak struk pesanan
4. Kasir, petugas barista, dan koki di kitchen dengan mudah melihat informasi pesanan yang keluar dari printer.

Dengan demikian, tingkat kesalahan pun semakin kecil karena yang menyampaikan informasi adalah mesin komputer. Koki pun menjadi semakin cepat menerima data pesanan sehingga proses memasak menjadi lebih cepat. Karena pertimbangan inilah kemudian posisi aboyer mulai ditiadakan. Jadi sangat mungkin posisi aboyer di restoran hanya akan menjadi terminologi yang pernah ada di dunia restoran.

Dalam hal penggunaan printer dengan sistem LAN, kasir juga harus sangat berhati-hati dalam menginput pesanan, karena jika salah input, maka data yang diterima komputer adalah data yang salah dan kemudian komputer pun akan mengirimkan data yang salah untuk di cetak oleh printer. Selain itu, perawatan printer juga harus selalu diperhatikan, penempatan printer di area kitchen dan barista menyebabkan printer cepat kotor atau bahkan terkena minyak dan air sehingga cepat rusak.

Semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda. Komentar yang berisi tautan dan hal-hal yang terkait SARA tidak akan ditampilkan.
Buka Komentar
Tutup Komentar